Anak Kita Akan Berada Dalam Dunia Metaverse, Ini yang Perlu Orang Tua Lakukan!

Anak Kita Akan Berada Dalam Dunia Metaverse, Ini yang Perlu Orang Tua Lakukan!

Contasia Christie Official Writer
1135

Pasti Parents sudah mulai mendengar kabar tentang metaverse dimana-mana. Apalagi saat kabar tentang NFT kemarin merebak. Mungkin Parents masih bingung sebenarnya metaverse itu seperti apa dan bagaimana bentuknya. Sadar tidak sadar, anak kita akan berada dalam dunia itu di masa depan karena teknologi dan internet semakin berkembang.

Parents sudah sebaiknya juga ikut meng-update kemampuan untuk mengenal teknologi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita ketahui agar bisa mempersiapkan kita dan anak-anak kita.

Apa itu Metaverse?

Menurut Trend Digital, Metaverse adalah ‘masa depan internet’ yang berbentuk realitas virtual. Dalam realitas virtual yang berbentuk seperti dunia virtual ini, kita dimungkinkan untuk berinteraksi satu dengan yang lain secara real time.

Tetap Berhati-hati

Saat anak mengenal internet, kita sebagai orang tua perlu berhati-hati pada pemakaian internet anak-anak. Begitu juga pun saat mereka mulai mengenal metaverse. Orang tua perlu berhati-hati ketika anak mulai berinteraksi secara online.

Para ahli biologi anak mengatakan bahwa korteks prefrontal anak yang bertanggung jawab atas perkembangan emosi dan perilaku anak menjadi tidak sepenuhnya berkembang. Hal ini membuat anak semakin beresiko terlibat dalam permainan atau ‘situasi’ yang tidak sesuai dengan perkembangan anak.

Dorong anak untuk tetap berkomunikasi di dunia nyata

Masalah potensial lainnya yang bisa terjadi saat anak mengenal metaverse adalah anak akan semakin sering berada dalam dunia virtual karena dianggap lebih ‘mengasyikan’. Seperti yang telah berlangsung sekarang ketika anak sudah mengenal media sosial, Youtube, dan game online, mereka jadi sulit berinteraksi di dunia nyata.

 

Itulah mengapa bimbingan dan pengawasan orang tua harus semakin lebih baik lagi. Pastikan orang tua mengetahui apa yang anak akses dan apa yang mereka lakukan selama ini saat mengakses internet. Yuk kita mulai pahami dan belajar dunia digital sekarang, agar kita tidak menjadi orang tua yang ketinggalan literasi digitalnya dibanding anak.

Sumber : moms.com
Halaman :
1

Ikuti Kami