4 Cara Anak Meresponi Ayah yang Ketahuan Selingkuh

4 Cara Anak Meresponi Ayah yang Ketahuan Selingkuh

Lori Official Writer
558

Saat anak mendapati salah satu orangtua selingkuh pasti akan merasa marah, malu, sedih dan kecewa. Tidak dipungkiri reaksi pertama dari anak adalah akan mencoba untuk mempermalukan orangtua dan selingkuhannya. Sama seperti yang ingin dilakukan oleh kebanyakan istri yang suaminya kepergok selingkuh. 

Jika dalam hal ini anak mendapati perselingkuhan ayahnya, berhak kah anak membalas perbuatan sang ayah dengan mempermalukan dia dan selingkuhannya? Apakah itu solusi yang tepat untuk dilakukan oleh anak?

Anak mungkin saja bisa memberi pelajaran berharga kepada ayah yang sudah berselingkuh. Tetapi itu hanya membuat masalah menjadi tidak terselesaikan atau bahkan buruknya keluarga akan semakin hancur. 

Daripada melakukan tindakan gegabah, lebih baik lakukan 4 langkah berikut:

1# Ajak Ayah Ngobrol

Tuhan selalu peduli dengan rasa sakit yang anak alami ketika mendapati ayahnya tidak setia di dalam pernikahannya. Tetapi sebagai anak, pastikan untuk bersikap fair kepada sang ayah.

Jadilah penengah dalam hal ini. Ini adalah cara untuk mengetahui apa yang menyebabkan sang ayah tega melukai perasaan istrinya. 

 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Dialami Anak Saat Suami Nggak Setia pada Istrinya

 

Jika ternyata masalahnya, ada di hubungan ayah dan ibu yang kurang baik pastikan untuk menempuh langkah selanjutnya. Tujuannya adalah bagaimana hubungan mereka dipulihkan.

Tentu saja anak perlu mempertanyakan semua penjelasan sang ayah jika dia mau terbuka. Pastikan untuk tidak membenarkan perbuatannya. Karena bagaimanapun seburuk apapun persoalan pernikahannya, dia tetap telah melanggar kesetiaan pernikahan. Jadi dalam hal ini, dia tidak lepas dari tanggung jawab moral untuk mengakui kesalahannya.

Bagaimana jika sang ayah tidak mau terbuka dan menolak untuk berkomunikasi dengan baik?

Lakukan langkah selanjutnya.

 

2# Temui Selingkuhannya dan Bicarakan Baik-baik

Untuk menyelesaikan satu persoalan, anak berfungsi sebagai penengah. Alih-alih merusak segalanya dengan emosi dan kemarahan, lebih baik menempuh jalur komunikasi yang membuat, bukan hanya membongkar kesalahan orangtua tetapi menjadikannya sebagai pelajaran untuk tidak lagi mengulanginya di kemudian hari.

Jadi, anak bisa mendatangi selingkuhan. Menanyakan apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dia mau dan berniat untuk mengusik rumah tangga orang lain.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami