Akibat Jika Orang Tua Bertengkar di Depan Anak dan Cara Mengatasinya Jika Sudah Terlanjur

Akibat Jika Orang Tua Bertengkar di Depan Anak dan Cara Mengatasinya Jika Sudah Terlanjur

Contasia Christie Official Writer
823

Gara-gara film, hubungan sebuah keluarga bisa jadi terguncang. Saling curiga dan kepercayaan luntur bisa karena terpengaruh film lho. Seperti film yang viral saat ini, Layangan Putus. Sebaiknya Parents yang menontonnya sudah siap mental nih, tidak terbawa emosi dan pikiran ke dalam dunia nyata ya. Soalnya bisa ikut curiga ke pasangan, eh akhirnya jadi mudah bertengkar.

Nah sebelum bertengkar, coba Parents hindari untuk menunjukkannya di depan anak karena bisa menjadi trauma untuk mereka. Tandanya anak trauma setelah melihat kita bertengkar dengan pasangan:

1. Bersikap seperti dia takut dengan orang tuanya sendiri.

2. Berusaha menghindari orang tuanya.

3. Sering murung, menangis, menyendiri, dll.

4. Muncul gejala depresi, cemas, dan masalah perilaku (seperti jadi mendadak nakal)

 

Lalu apa yang harus orang tua lakukan kalau sudah terlanjur bertengkar di depan anak?

1. Jelaskan kepada anak.

Hal pertama yang paling penting adalah jelaskan kepada anak tentang apa yang terjadi. Jelaskan juga bahwa wajar dalam hubungan apapun, pertengkaran bisa terjadi seperti anak dan temannya. Dan jelaskan juga apakah kondisinya sudah membaik, kemudian respon mereka seperti apa.

Hal ini penting karena dengan penjelasan yang baik, anak bisa belajar bagaimana orang tuanya bisa menyelesaikan masalah dan mengungkapkan dirinya masing-masing. Asal jangan anak menjadi korban dari pertengkaran juga ya.

 

2. Tanya yang anak rasakan.

Tanyakan apa yang anak rasakan agar jika ada trauma, kita bisa cepat-cepat memperbaikinya. Kalau anak terlihat sedih dan kecewa, beri dia waktu sambil menemaninya.

BACA SELANJUTNYA ... 

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami