3 Tips Jitu Mendidik Anak Agar Bisa Menjadi Berkat Bagi Sekitarnya

3 Tips Jitu Mendidik Anak Agar Bisa Menjadi Berkat Bagi Sekitarnya

Contasia Christie Official Writer
355

Pasti parents senang banget kalau anak ingin menjadi berkat bagi orang lain. Banyak sekali kesaksian dari para orang tua yang sangat bersyukur atas perubahan sikap anak-anak yang sudah belajar dari kurikulum Superbook di sekolah minggu gerejanya. Mereka kini mengenal Kristus lebih dalam dan mampu mempraktikkan kasih Tuhan pada sesama.

Apakah Anda juga ingin memiliki anak dengan karakter yang serupa dengan Kristus dan menjadi berkat bagi banyak orang? Yuk simak kiat-kiatnya.

 

Ajarkan dan teladani mereka tentang “belas kasihan”

Disaat anak- anak, mudah bagi kita untuk mengajarinya tentang peka dengan kondisi orang lain, memiliki belas kasihan, serta bereaksi ataupun melaksanakan sesuatu tanpa takut. Kita bisa menolong anak untuk belajar hal- hal tersebut dengan membagikan contoh, melatih serta mengarahkan mereka apa yang wajib mereka jalani supaya bisa memberkati orang lain. Hal yang sangat mudah bisa dengan mengucapkan salam, terima kasih, ataupun maaf.

 

Atur kegiatan rutin untuk ke “panti jompo”.

Lebih mudah bagi anak untuk menguasai apa yang dirasakan anak di panti asuhan sebab mereka sama- sama anak. Sebaliknya bagaimana jika mereka ke panti jompo. Mereka dapat belajar bagaimana peduli dengan orang- orang tua yang telah tidak bersama dengan keluarga mereka lagi, kehidupan setelah dewasa, dan bagaimana mereka dapat menghibur orang yang lebih dewasa.

Dikala berkunjung, orang tua dapat mengajar anak buat berdialog dengan para manula, menghibur mereka( bernyanyi bersama, drama, menggambarkan firman Tuhan), dan bagaimana mereka dapat menguatkan para manula. Sebelum kembali, anak dapat membagikan buah tangan yang bisa menghibur mereka disaat manula sedang sendirian. Kakek- nenek akan sangat bahagia sekali memandang penampilan anak- anak serta merasa terhibur.

 

Mendonasikan “barang kesayangan” anak yang sudah tidak terpakai

Inilah yang bisa jadi jadi hal tersulit untuk anak. Membagikan apa yang mereka gemari meski sudah tidak terpakai lagi kepada orang lain. Anak- anak bisa belajar bahwa harta bukanlah segalanya di dunia ini. Kasih yang Tuhan Yesus lah yang kita butuhkan selama kita hidup. Jadi sesayang apapun mereka dengan barang tersebut, tetapi masih banyak orang disana yang membutuhkannya.

Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”( Kisah Para Rasul 20: 35)

 

So, sudah tahu Anda ingin mengarahkan anak seperti apa? Jika Anda memiliki usul metode yang lain, boleh di- share di kolom pendapat di bawah ini ya. Biar orang tua yang lain juga dapat melaksanakannya. Selamat jadi berkat!

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami