Tidak Ada Kata Terlambat untuk Membuat Resolusi Keuangan Anda

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Membuat Resolusi Keuangan Anda

Claudia Jessica Official Writer
213

Apa saja daftar resolusi tahun 2021 Anda yang belum tercapai? Menurunkan berat badan dan hidup bugar? Hanya makan makanan sehat? Melunasi hutang? Atau mungkin yang lainnya?

Kurangnya disiplin membuat kita tidak bisa mencapai beberapa resolusi yang telah kita susun sebelumnya.

Meski tahun baru telah berjalan selama beberapa minggu, tidak ada kata terlambat untuk membuat resolusi di area-area yang ingin Anda upgrade. Untuk membantu Anda, saya ingin memberi Anda beberapa cara untuk mencapai tujuan finansial sehingga Anda bisa mencapai resolusi finansial Anda hingga akhir tahun 2022 ini.

Buatlah tujuan tertentu

Mari kita asumsikan bahwa salah satu resolusi Anda di bidang keuangan adalah untuk keluar dari hutang dan hidup hemat. Itu adalah resolusi yang baik, tapi sekarang Anda harus mendapatkan beberapa detail mendalam untuk mencapai rencana Anda. Langkah Anda selanjutnya adalah menentukan seberapa banyak yang ingin Anda capai dalam setiap kategori rencana dan mencatatnya dalam bentuk tujuan yang terperinci dan terukur. Begini contohnya:

“Saya akan melunasi hutang 10 juta dalam waktu 10 bulan agar saya bisa bebas dari hutang.”

“Saya akan menghemat dan memperbanyak persiapan dana tabungan darurat sehingga tidak perlu lagi bergantung pada kartu kredit.”

Kembangkan rencana mendetail untuk mencapai tujuan

1. Buat rencana anggaran

Luangkan waktu selama beberapa jam untuk menentukan berapa banyak yang Anda peroleh dan berapa banyak yang Anda keluarkan setiap bulan. Ini akan membantu Anda menentukan:

- Apakah Anda perlu mengurangi pengeluaran di beberapa bagian tertentu?

- Apakah Anda perlu meningkatkan pendapatan?

- Apakah Anda harus melakukan keduanya agar memiliki lebih banyak uang yang Anda perlukan untuk melunasi hutang dan menabung setiap bulan.

2. Buat rekening terpisah dan lakukan penarikan jumlah otomatis yang Anda perlukan untuk mencicil hutang dan menabung setiap bulan

Seperti contoh di atas. Misalnya Anda perlu menarik sekitar Rp 1,5 juta setiap gaji atau per bulan untuk melunasi hutang Rp 10 juta dan menabung untuk keadaan darurat.

Sekarang ada banyak jenis tabungan yang tidak memerlukan biaya admin setiap bulannya. Misalnya saja e-wallet yang kita gunakan sehari-hari. Hal ini akan membantu Anda untuk menyimpan uang lebih banyak.

 

 

BACA JUGA: Yakin Siap Mencapai Tujuan Finansial Anda? Baca Ini dan Buktikan Seberapa Siap Anda!

 

Setelah melakukan transfer otomatis, gunakan akun tersebut hanya untuk membayar hutang. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda bisa saja memiliki surplus pada periode akhir dan memiliki tabungan dana darurat yang cukup banyak pada bulan ke-12.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami