Apa Rahasia Yusuf Mampu Menolak Godaan Istri Potifar yang Cantik?

Apa Rahasia Yusuf Mampu Menolak Godaan Istri Potifar yang Cantik?

Claudia Jessica Official Writer
2797

Menjadi narapidana dan menafsirkan mimpi

Karena Yusuf tidak mau menerima rayuan istri Potifar untuk tidur bersamanya, maka istri Potifar memfitnah Yusuf. Akibatnya, Yusuf dijebloskan ke dalam penjara istana.

Meski berada dalam penjara, Yusuf tetap menjadi pekerja yang rajin. Ia juga penuh dengan kasih karunia Tuhan. Yusuf menjadi kesayangan kepala penjara dan diberikan kepercayaan untuk menjadi penjaga (Kej. 39: 21-23).

Di sanalah ia bertemu dengan juru minum dan juru roti raja yang dihukum karena melakukan kesalahan. Ketika keduanya mendapatkan sebuah mimpi, Yusuf lalu mengartikan mimpi-mimpinya dengan tepat. Sesuai dengan mimpi-mimpi mereka, juru minum raja dikembalikan ke jabatannya semula, tetapi juru roti dihukum mati.

Dua tahun Yusuf dilupakan oleh Juru minum, hingga suatu hari Firaun mendapat mimpi yang membuat hatinya gelisah. Semua ahli dan orang yang berilmu di Mesir tidak ada satu pun dapat mengartikan mimpinya. Lalu Juru minum yang bertugas di istana mengingat Yusuf dan menyampaikannya kepada raja perihal Yusuf, seorang tahanan yang mampu menafisrkan mimpinya yang menjadi kenyataan.

 

Sukses di negeri orang dengan hikmat Tuhan

Karena kebijaksanaan dan solusi yang diperlihatkan Yusuf dalam menafsirkan mimpi Firaun, maka Firaun menjadikan Yusuf sebagai Perdana Menteri, orang nomor dua di seluruh tanah Mesir saat ia berusia tiga puluh tahun.

Hikmat Tuhan memampukan Yusuf untuk mengelola kekayaan bangsa Mesir sehingga ia berhasil membawa bangsa itu melewati masa kelaparan selama tujuh tahun. Faktanya masa kelaparan itu tidak hanya terjadi di Mesir, namun di seluruh wilayah Timur Tengah saat itu.

Berdasarkan catatan arkeolog dan studi klimatologi, bahwa kelaparan itu terjadi di seluruh Mediterania. Itulah sebabnya saudara-saudara Yusuf datang ke Mesir untuk membeli makanan sehingga terjadi rekonsiliasi antara Yusuf dan saudara-saudaranya.

Kemudian Yusuf mengajak semua keluarganya yang di Kanaan untuk tinggal dengannya di Mesir. Firaun juga menyambut baik kedatangan keluarga Yusuf dan memberi tanah yang paling bagus untuk mereka diami, yakni tanah Gosyen.

Di Mesir, Yusuf diberikan istri bernama Asnat oleh Firaun, dan Asnat memberikan dua putra bagi Yusuf yang diberi nama Manasye dan Efraim (Kejadian 41: 51-52). Manasye dan Efraim sendiri sudah pernah kami bahas di Fakta Alkitab sebelumnya.

 

Baca juga: 

#FaktaAlkitab: Manasye, Anak Sulung Yusuf yang Tidak MendaDapat Berkat Kesulungan (11/12)

#FaktaAlkitab: Efraim, Keturunan Yusuf yang Menjadi Pemimpin Bangsa Israel (12/12)

 

Dalam Kejadian 50:26 ditulis bahwa mayat Yusuf dirempah-rempahi dan ditaruh dalam peti mati. Dari ayat ini timbul pertanyaan, apakah benar mayat Yusuf dijadikan mumi seperti tradisi orang Mesir kuno?

Temukan Jawabannya di Fakta Alkitab selanjutnya ya!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami