#FaktaAlkitab: Manasye, Anak Sulung Yusuf yang Tidak MendaDapat Berkat Kesulungan (11/12)

#FaktaAlkitab: Manasye, Anak Sulung Yusuf yang Tidak MendaDapat Berkat Kesulungan (11/12)

Claudia Jessica Official Writer
418

 

Tahukah kamu bahwa Manasye dan Efraim adalah dua cucu Yakub dari Yusuf yang diberkati olehnya secara langsung dan mendapatkan berkat sama seperti anak-anak Yakub yang lain, menggantikan Yusuf, ayah mereka?

Kali ini kita akan bahas anak sulung Yusuf terlebih dahulu, yaitu Manasye.

Arti nama Manasye

Ketika Yusuf diangkat menjadi penguasa Mesir untuk mempersiapkan masa tujuh tahun kelaparan, Firaun juga memberikan Asnat, anak dari Potifera, imam di On kepada Yusuf untuk menjadi isterinya. Anak pertama Yusuf dari pernikahannya dengan Asnat tersebut adalah Manasye (מְנַשֶּׁה), yang berarti “yang membuatku melupakan” seperti yang dikatakan Yusuf dalam Kejadian 41:51 ini,

Yusuf memberi nama Manasye kepada anak sulungnya itu, sebab katanya: "Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku."

Diangkat menjadi anak oleh Yakub

Dalam Kejadian 48:4-6, Yakub menyatakan kepada Yusuf bahwa kedua anaknya yaitu Manasye dan Efraim adalah miliknya, sama seperti Ruben dan Simeon adalah anaknya. Kedua anak Yusuf itu mendapatkan berkat istimewa dan menjadi garis keturunan Yusuf yang menjadi bagian dari suku-suku Israel.

Tidak mendapatkan berkat kesulungan

Mirip yang dialami Esau, Manasye tidak mendapatkan berkat sebagai anak sulung dari Yakub, sebaliknya Efraim yang mendapatkan berkat itu. Sewaktu Yusuf melihat ayahnya menaruh tangan kanannya kepada Efraim dan tangan kirinya pada Manasye, ia sempat protes. Namun inilah yang menjadi jawaban Yakub:

Tetapi ayahnya menolak, katanya: "Aku tahu, anakku, aku tahu; ia juga akan menjadi suatu bangsa dan ia juga akan menjadi besar kuasanya; walaupun begitu, adiknya akan lebih besar kuasanya dari padanya, dan keturunan adiknya itu akan menjadi sejumlah besar bangsa-bangsa." (Kejadian 48:19).

Hal serupa dilakukan oleh Musa ketika memberkati kedua belas suku Israel, untuk keturunan Yusuf, Musa menyebut Efraim lebih dulu, baru kemudian Manasye (Ulangan 33:13-17).

Namanya disebut hingga saat ini ketika orangtua memberkati anak-anaknya

Hingga kini dalam kebudayaan Yahudi, ketika orangtua memberkati anak-anaknya dalam perayaan-perayaan hari besar, nama Manasye dan Efraim disebutkan seperti yang dinyatakan dalam Kejadian 48:20 ini:

Lalu diberkatinyalah mereka pada waktu itu, katanya: "Dengan menyebutkan namamulah orang Israel akan memberkati, demikian: Allah kiranya membuat engkau seperti Efraim dan seperti Manasye." Demikianlah didahulukannya Efraim dari pada Manasye.


Baca juga: #FaktaAlkitab: Zebulon, Dimuliakan Dengan Kehadiran Sang Mesias (10/12)


Gideon, Hakim dari suku Manasye

Tokoh yang menonjol dari suku Manasye adalah Gideon. Dia mendapatkan panggilan dari Tuhan untuk membebaskan bangsanya dari tekanan orang Midian dan orang Amalek, serta membawa bangsa Israel meninggalkan penyembahan berhala (Hakim-hakim 6) saat ia sedang bersembunyi dari mereka.

Dalam kepemimpinannya Gideon bersama suku Manasye menghancurkan dewa-dewa Baal, dan juga membangkitkan keberanian suku Manasye untuk melawan dan menghancurkan orang-orang Midian.

Wilayah suku Manasye

Salah satu yang menarik dari suku Manasye adalah mereka mendapatkan pembagian wilayah yang sangat luas, hampir sebanding dengan luas wilayah Yehuda. Wilayah Manasye terbagi menjadi dua, dibelah oleh sungai Yordan.

Wilayah Manasye barat bertetangga langsung dengan saudaranya Efraim, dan posisinya berada di tengah-tengah Tanah Kanaan. Sedangkan wilayah Manasye timur berada di bagian utara tengah Tanah Kanaan dan bertetangga dengan suku Gad. Mereka menguasai wilayah Mahanaim di selatan hingga Gunung Hermon di utara, dan termasuk seluruh wilayah Basan (Yosua 13-17).

Akhir keberadaan suku Manasye

Saat masa pemerintahan raja di mulai di bangsa Israel, yaitu pada masa Raja Saul, suku Manasye bergabung dalam pemerintahannya. Hal ini berlangsung hingga masa pergantian monarki, yaitu kepada keturunan Daud, hingga masa pemerintahan Raja Salomo.

Namun ketika Israel terpecah menjadi Israel Selatan dan Israel Utara, Manasye memilih bergabung dengan pemerintahan Israel Utara yang pada akhirnya ditaklukan oleh Kerajaan Asyur pada tahun 723 SM dan mereka dibawa ke pembuangan.

Setelah masa pembuangan ini, tidak ada catatan lagi tentang keberadaan suku Manasye, sehingga mereka masuk dalam salah satu dari 10 suku Israel yang hilang.

Yang menarik beberapa tahun lalu, sebuah suku yang berada di negara bagian Manipur, India, lebih tepatnya daerah Kukis, mengklaim bahwa mereka adalah keturunan suku Manasye. Setelah melalui suatu proses hingga memeluk kepercayaan Yahudi, mereka mendapatkan pengakuan dari pemerintah Israel, dan bermigrasi ke Tanah Perjanjian. Mereka menamai sukunya sebagai Bnei Menashe.

Itulah fakta Alkitab tentang perjalanan bangsa Israel, Suku Manasye, satu dari dua belas suku Israel.

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DI SINI.

Apakah JCers merasa termotivasi dengan Fakta Alkitab mengenai Manasye? Yuk jadi bagian dari kami untuk memberitakan Injil kepada dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

Mau nonton video lengkap tentang Manasye? Klik DI SINI.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami