Bahagiamu Adalah Tanggung Jawabmu

Bahagiamu Adalah Tanggung Jawabmu

Lori Official Writer
      974

Lukas 6:33, 36

Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 34; 2 Tesalonika 1; Yesaya 21-22

Suatu hari, dua anak muda menghampiri sebuah lapak untuk membeli koran dan majalah.

Penjualnya ternyata melayani dengan buruk. Mukanya cemberut. Pemuda  pertama jelas jengkel menerima layanan seperti itu. Yg mengherankan, pemuda kedua tetap santai saja, bahkan tetap bersikap sopan kepada penjual itu.

Lantas pemuda  pertama bertanya kepada sahabatnya, “Hei. Kenapa kamu santai saja dan tetap bersikap sopan kepada penjual yang menyebalkan itu?”

Sahabatnya menjawab, “Lho, kenapa aku harus mengizinkan dia menentukan caraku dalam bertindak? Kitalah sendiri penentu atas kehidupan kita, bukan orang lain.”

“Tapi dia melayani kita dengan buruk sekali,” bantah orang pertama. Ia masih merasa jengkel.

 

Baca Juga: Mencari Juruselamat

 

“Ya, itu masalah dia. Dia mau bad mood kek, tidak sopan kek, bahkan melayani dengan buruk, atau lainnya, itu enggak ada kaitannya dengan kita. Kalau kita sampai terpengaruh, berarti kita membiarkan dia mengatur dan mempengaruhi hidup kita. Padahal kitalah yg bertanggung jawab atas diri sendiri.”

Saudara yang terkasih, sadar atau tidak sering kali tindakan kita itu dipengaruhi oleh tindakan orang lain kepada kita. Kalau mereka melakukan hal yang buruk, kita akan membalasnya dengan hal yang lebih buruk lagi. Kalau mereka tidak sopan, kita akan lebih tidak sopan lagi.

Kalau orang lain pelit terhadap kita, kita yang semula pemurah tiba-tiba jadi sedemikian pelit kalau harus berurusan dengan orang itu.  Jangan biarkan sikap buruk orang lain kepada kita menentukan cara kita bertindak!

 

 

Hak cipta Linda Riberu, digunakan dengan izin.

 


 

Apakah ada diantara Anda yang membutuhkan dukungan doa? Yuk hubungi SAHABAT 24 kami di Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan

 

Ikuti Kami