Daripada Fokus Pada Setiap Masalah, Mending Fokus Atas Apa yang Kita Miliki, Yuk!

Daripada Fokus Pada Setiap Masalah, Mending Fokus Atas Apa yang Kita Miliki, Yuk!

Claudia Jessica Official Writer
      746

Bilangan 1: 1-3

TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai, dalam Kemah Pertemuan, pada tanggal satu bulan yang kedua dalam tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir: "Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 128; 2 Korintus 1; 1 Samuel 22-23

Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dalam hidup kita meskipun membosankan. Misalnya sebelum pergi untuk belanja kebutuhan bulanan, kita harus memeriksa persediaan yang masih ada di rumah sehingga kita tidak perlu membeli apa yang masih kita miliki. Ini juga penting bagi keuangan kita.

Terkadang, tugas yang terlihat sepele adalah hal yang paling penting untuk mempersiapkan kita, memberikan kita pengetahuan, dan seperti yang kita lihat dalam cerita Alkitab hari ini yang memenuhi hati kita dengan harapan.

Pada pasal peetama kitab Bilangan, kita mendapati Tuhan meminta Israel untuk melakukan sensus orang-orang yang keluar dari perbudakan di Mesir: “TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai, dalam Kemah Pertemuan, pada tanggal satu bulan yang kedua dalam tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir: “Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang, orang demi orang. Engkau ini beserta Harun harus mencatat mereka menurut pasukannya masing-masing.” (Bilangan 1: 1-3)

Tuhan tidak meminta umat-Nya untuk menghitung berapa banyak pakaian, emas ataupun makanan yang mereka miliki. Sebaliknya, Dia menyuruh mereka untuk menghitung jumlah orang yang ada. Tuhan sedang mempersiapkan Israel untuk mengambil tanah yang telah Dia janjikan kepada mereka (tanah Kanaan). Dia ingin mereka megetahui kekuatan militer mereka dan mengatur semua orang. Dan ketika mereka menghadapi langkah selanjutnya yang membutuhkan iman yang besar, mungkin Tuhan ingin mereka mengingat berapa banyak dari mereka yang Dia selamatkan dari Mesir.

Sementara Tuhan meminta Israel untuk menghitung untuk memperkuat iman mereka, saya justru menghitung masalah saya yang seringkali mendatangkan efek sebaliknya.

Membuat orang Israel memeriksa sumber daya mereka adalah salah satu cara Tuhan mempersiapkan mereka untuk menghargai apa yang mereka miliki daripada berfokus pada apa yang tidak mereka miliki. Hal itu berfungsi sebagai latihan untuk menumbuhkan iman mereka kepada-Nya sewaktu Dia memimpin mereka ke tanah perjanjian.

Kita juga dapat menghitung dan menyadari bahwa Tuhan telah menempatkan orang-orang dalam hidup kita untuk membantu kita berperang, dan Dia juga bersama kita melalui setiap pertempuran. Memuji Dia bukan hanya untuk apa yang telah Dia berikan kepada kita, tetapi juga atas siapa Dia bagi kita.

Tuhan, tolong aku mengingat untuk menghitung apa yang telah Engkau berikan dalam hidupku. Tunjukkan padaku orang-orang yang telah Engkau tempatkan dalam hidupku. Terima kasih telah mengizinkanku untuk mendukung dan melayani orang lain di sekitarku. Aku ingin ‘memperhatikan’ apa yang telah Engkau berikan kepadaku daripada berfokus kepada apa yang kurang. Dalam Nama Yesus, Amin.

 

Hak cipta oleh Amanda Idleman, disadurkan dari crosswalk.com.


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Jika kamu rindu supaya orang lain juga diberkati sepertimu, mari dukung kami untuk terus menjangkau melalui konten-konten yang kami sediakan lewat pelayanan media kami.

Kamu bisa menjadi mitra Jawaban.com dengan berdonasi 50 ribu setiap bulannya bersama kami. Kabar baiknya, bagi kamu yang berdonasi sebesar 250 ribu setiap bulannya akan mendapatkan bonus satu buah kaos Polo. Jadi, buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk DAFTAR DI SINI.

 

Ikuti Kami