Pekerjaan yang Dikehendaki oleh Tuhan

Pekerjaan yang Dikehendaki oleh Tuhan

Claudia Jessica Official Writer
      1170

Kolose 3: 23-24

Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 142; Yohanes 2; 2 Samuel 11-12

Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang di dunia ini tidak menyukai pekerjaan mereka? Kebanyakan dari mereka bekerja untuk mendapatkan uang dan mendapatkan sedikit kesenangan melalui pekerjaan mereka. Seperti yang tertera pada bumper lama (Disney's Snow White and the Seven Dwarfs), “Aku berhutang, aku berhutang. Aku berangkat kerja.”

Sekarang ingatlah akan kaitannya dengan pekerjaan Tuhan. Sebelum Adam diberikan seorang istri, ia diberi pekerjaan. Pekerjaan adalah hal baik yang Tuhan tetapkan. (Para wanita ingatlah hal ini ketika Anda hendak menikah. Jika ia tidak memiliki pekerjaan, maka dia belum siap menikah.

Jadi, bagaimana orang Kristen seharusnya memandang pekerjaan dan bekerja di tempat kerja?

1. Pahami bahwa bos Anda bukanlah manusia, melainkan Tuhan Yesus

Tidak peduli apa yang Anda lakukan dan untuk siapa Anda bekerja karena Anda bekerja untuk Yesus. Kolose 3: 23-23 membuat fakta itu dengan sangat jelas. Bos duniawi Anda mungkin tidak masuk akal dan memperlakukan Anda dengan keras, namun Anda bekerja untuk Yesus.

2. Pahami bahwa Tuhan telah menghubungkanmu dan memberimu hadiah untuk pekerjaan tertentu

Saya percaya bahwa alasan orang tidak menyukai pekerjaannya adalah karena posisi yang mereka dapatkan kurang cocok. Ingat, jangan lakukan pekerjaan hanya karena bayarannya bagus. Temukan pekerjaan yang sesuai dengan dirimu. Seseorang yang suka bersosialisasi perlu bekerja yang berhubungan dengan orang-orang. Seseorang yang suka angka-angka, perlu bekerja dengan sesuatu yang berkaitan dengan angka. Seseorang yang suka dengan teknis, perlu bekerja dalam pekerjaan teknis. Mark Twain pernah berkata, “Temukan pekerjaan yang Anda sukai, dan Anda tidak akan harus bekerja sehari pun dalam hidup Anda.”

3. Pahami bahwa apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah, dan hal itu harus dilihat sebagai pelayanan

Kita sering melihat pekerjaan di dalam gereja sebagai hal yang sakral dan pekerjaan di luar gereja sebagai pekerjaan yang sekuler.  Padahal segala sesuatu dalam hidup kita harus diserahkan kepada Tuhan, baik itu pekerjaan di gereja maupun diluar gereja dengan catatan pekerjaannya tidak ilegal atau tidak bermoral.

Marthin Luther berkata, “Seorang pembantu perah dapat memerah sapi untuk kemuliaan Tuhan.” Pekerjaan Anda adalah bidang pelayanan dan misi Anda. Tuhan ingin menggunakan Anda untuk bersinar bagi Kristus di dunia bisnis. Seorang karyawan yang saleh dapat membuat pengaruh besar bagi Kristus di perusahaan yang dipenuhi oleh orang-orang yang belum diselamatkan.

4. Pahami bahwa sebagai seorang karyawan Kristen, Anda harus memberikan yang terbaik untuk pekerjaan itu

Kita harus melakukan pekerjaan kita “dengan sepenuh hati, seperti untuk Tuhan.”

Selalu memberikan yang terbaik saat bekerja. Kita harus jujur, bekerja keras, dapat diandalkan, memberi semangat, dan baik hati. Seorang karyawan seperti itu adalah saksi luar biasa bagi Yesus Kristus.

Jadi, bagaimana denganmu di tempat kerja? Apakah Anda memberikan yang terbaik dan bersinar untuk Yesus? Apakah Anda sudah melayani dengan sepenuh hati? Apakah Anda melakukan apa yang Anda kuasai?

Mungkin Anda membaca ini dan merasa Anda berada di posisi yang salah. Carilah Tuhan dan mintalah Dia untuk membuka pintu baru yang akan lebih cocok untuk keahlian Anda dan memenuhi kebutuhan keuangan Anda.

Mungkin Anda pernah bersalah menjadi teladan yang buruk dari seorang Kristen saat sedang bekerja, akuilah dosa itu dan berusaha untuk melihat pekerjaan dalam terang Firman Tuhan.

Tuhan akan memberkati saat Anda memutuskan untuk menjadi berkat dalam nama Yesus.

 

Hak cipta oleh Pastor Jeff Schreve. Disadurkan dari crosswalk.com.


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

 

DAFTAR DI SINI

Ikuti Kami