Dalam Pernikahan, Jangan Pelit Ucapkan 3 Kata Ini Ucap Paus Fransiskus

Dalam Pernikahan, Jangan Pelit Ucapkan 3 Kata Ini Ucap Paus Fransiskus

Lori Official Writer
1268

Menjelang akhir tahun ini, Anda dan pasangan pasti punya harapan atas pernikahan kalian. 

Salah satunya adalah diberikan kebahagiaan dan kemampuan untuk saling memahami setiap hari. 

Jika selama ini kalian sudah mencoba mencari cara supaya bisa menjadikan pernikahan kalian semakin kuat, entah lewat seminar, workshop atau belajar dari kegagalan pernikahan orang lain, hari ini Anda perlu tahu bahwa kunci untuk mencapai kebahagiaan rupanya sangat sederhana kata Paus Fransiskus.

Dalam sebuah surat yang ditulis khusus untuk pasangan-pasangan menikah, Paus Fransiskus menyampaikan bahwa kunci pernikahan yang langgeng dan berhasil adalah dengan kerap mengucapkan tiga kata ini yaitu: TOLONG, TERIMA KASIH dan MAAF.

 

 

Baca Juga: 5 Resolusi Tahun Baru yang Bakal Bikin Hubungan Orangtua dan Anak Makin Kompak

 

Dia mengingatkan bahwa tak ada yang lebih penting daripada dengan rendah hati, suami maupun istri, mau mengucapkan kata ini sesering mungkin dan dengan ketulusan hati kepada pasangannya. 

“Setiap kali bertengkar, jangan biarkan hari berakhir tanpa berdamai,” ungkap Paus.

Paus menyampaikan bahwa masa-masa pandemi yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun belakangan ini memang membuat kehidupan rumah tangga menjadi sulit. Di tengah kondisi ini ada banyak pasangan yang hidup di bawah tekanan dan begitu menguji kesabaran. 

“Masalah yang sudah ada sebelumnya diperparah, menciptakan konflik yang dalam beberapa kasus menjadi hampir tak terbendung. Bahkan banyak yang mengalami perceraian,” ungkap Francis.

Saat sebuah hubungan pernikahan berujung perceraian, maka yang menjadi korban adalah anak-anak. Anak-anak akan kehilangan sosok yang mereka anggap sebagai sumber pelindung, kasih, yang sangat dipercaya dan yang memberikan dukungan. 

“Anak-anak akhirnya harus menderita rasa sakit melihat orangtua mereka tidak lagi bersama,” ungkapnya.

Karena itulah penting sekali untuk menjadi lebih dewasa dalam kehadapi kehidupan rumah tangga. Sekaligus belajar untuk mengalah dan saling memahami, menjadi lebih rendah hati dan mau mengampuni. 

“Ingatlah bahwa pengampunan menyembuhkan setiap luka,” terangnya.

 

Baca Juga: 10 Resolusi Ciptakan Pernikahan Bahagia di Tahun 2022

 

Sekali lagi Paus mengingatkan supaya setiap pasangan menikah harus lebih membiasakan diri mereka untuk mau mengucapkan kata ‘Tolong, terima kasih dan maaf’.

Selain kebiasaan ini, Anda juga bisa mulai membangun kebiasaan-kebiasaan baru di tahun baru nanti, diantaranya:

1. Lebih banyak berdoa baik secara pribadi, bersama pasangan maupun keluarga besar.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami