5 Resolusi Tahun Baru yang Bakal Bikin Hubungan Orangtua dan Anak Makin Kompak
Sumber: Firstcry parenting

Parenting / 27 December 2021

Kalangan Sendiri

5 Resolusi Tahun Baru yang Bakal Bikin Hubungan Orangtua dan Anak Makin Kompak

Lori Official Writer
5944

Tahun demi tahun akan berlalu, seiring itu pula anak akan terus tumbuh dari yang sebelumnya anak-anak menjadi remaja sampai akhirnya dewasa.

Jika Anda adalah orang tua muda ataupun memiliki anak-anak yang beranjak remaja adalah kesempatan besar untuk memikirkan kembali hal-hal yang penting diterapkan untuk mengikat hubungan anak dan orang tua menjadi lebih baik dan semakin kompak. Dan momen Tahun Baru bisa saja menjadi momen bagi orang tua untuk mengajak anak menyusun bersama resolusi yang wajib dilakukan sepanjang tahun.

Adapun 5 resolusi yang wajib dilakukan anak dan orang tua adalah:

#1 Saling mendengarkan

Hubungan yang harmonis antara anak dan orang tua akan tercipta apabila komunikasi antar kedua belah pihak lancar. Banyak kasus yang kita temukan dimana hubungan anak dan orang tua rusak karena masing-masing mempertahankan egonya sendiri. Kadang kala orang tua berlaku dominan dan meremehkan perkataan anak, sehingga anak merasa tak dianggap. Begitu pula dengan sebagian anak yang kerap kali selalu menantang dan abai dengan nasihat dan perkataan orang tua. Mendengarkan adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan keharmonisan. Jadi, tahun 2016 ini ajaklah anak untuk berkomitmen saling mendengar, sesederhana apapun perkataan itu.

 

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Menolong Anak Membuat Resolusi Tahun Baru

 

#2 Ciptakan rutinitas baru setiap harinya

Salah satu contoh rutinitas yang bisa disepakati anak dan orang tua adalah melakukan aktivitas baru yang menyenangkan setiap harinya. Seperti, menari hip hop bersama selepas bangun tidur di pagi hari, olah raga bersama di sekitar rumah, atau membagi pekerjaan rumah setiap harinya. Hal ini sangat baik untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga.

#3 Saling memberi pujian dan dukungan

Hal ini penting sekali dilakukan karena setiap orang butuh dipuji dan didukung dalam setiap aspek hidupnya. Baik anak maupun orang tua, perlu menerapkan kebiasaan untuk saling memuji dan mendukung. Orang tua perlu menerapkan hal ini terlebih dahulu kepada anak, dukung mereka dalam segala kondisi yang dilaluinya, dengan itu anak akan mencontoh tindakan orang tuanya dan menerapkan hal tersebut kepada orang-orang yang mereka kasihi maupun orang lain.

#4 Meluangkan waktu liburan bersama atau family time

Orang tua sudah sewajarnya memberikan waktu luang bersama anak-anak setidaknya sehari dalam seminggu. Sepakati kebiasaan ini dengan anak, sehingga dalam hal pelaksanaannya orang tua tak lagi punya alasan untuk lebih memilih kesibukan pekerjaan dan mengabaikan jadwal liburan bersama keluarga.

 

Baca Juga: Lupakan Masa Lalu, Melangkahlah Demi Pernikahan Lebih Baik Di Tahun Yang Baru!

 

#5 Hindari kecanduan gadget saat momen kumpul keluarga

Tantangan bagi keluarga modern saat ini adalah kecanggihan teknologi, yang ditandai dengan semakin banyaknya orang tua dan anak terserang demam gadget. Gadget telah merenggut komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Di tahun ini, jadikanlah hal ini sebagai salah satu resolusi yang wajib dilakukan. Sepakati bersama anak agar menghindari gadget dalam bentuk apapun saat momen berkumpul dengan keluarga.

Sebelum menutup tahun ini, ada baiknya orangtua mulai merenungkan apa saja hal-hal yang masih gagal dilakukan di tahun ini. Buatlah daftar untuk setiap resolusi yang ingin Anda lakukan bersama keluarga di tahun depan. Mintalah supaya Tuhan menuntun Anda menjadi orangtua yang lebih baik bagi pasangan dan anak-anak Anda ke depan. 

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami