Dia Sumber Keselamatan yang Sudah Dinubuatkan Sejak Lama
Kalangan Sendiri

Dia Sumber Keselamatan yang Sudah Dinubuatkan Sejak Lama

Lori Official Writer
      1221

Matius 1: 20-21

"Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 25; Lukas 1; Ayub 29-31

Apa yang terlintas dibenak Anda saat mendengar kata JURUSLAMAT atau keselamatan?

Bagi Yusuf dan Maria, kata Juruslamat membawa pemikiran tentang warisan dan hubungan yang erat dengan nubuat Perjanjian Lama tentang kelahiran Yesus sang Mesias.

Di dalam Matius 1: 20-21, malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusuf dalam mimpi. Malaikat menyuruhnya untuk tidak takut mengambil Maria menjadi istrinya. 

“…sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Kedatangan Yesus, bagi Anda dan saya, diungkapkan kepada Yusuf dan Maria saat itu. Menurut pola pikir orang Ibrani, hal itu bisa mengingatkan mereka tentang nubuatan yang sudah disampaikan sejak lama. 

Misalnya seperti yang ditulis dalam Mazmur 27: 1, “TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut?”  

Kitab Mazmur 91: 15-16 berisi tentang perlindungan. Katanya, “Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.”

Dalam bahasa Ibrani, kata keselamatan adalah nama yang sama dengan Yeshua. Keselamatan itu berarti adalah Yesus itu sendiri.

 

Baca Juga:

Artikel Pembaca : Ketaatan Seorang Yusuf

Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel

 

Kita percaya bahwa Yesus menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita, hukuman atas dosa kita dibatalkan, kita tidak lagi hidup di bawah kutuk dan kita diizinkan masuk ke dalam keluarga kerajaan Allah. Kita adalah anak-anak-Nya. Tapi keselamatan bukan hanya konsekuensi atau efek dari tindakan kasih Yesus bagi kita melalui kayu salib.

“Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.” (Yohanes 17: 3)

Yesus adalah keselamatan. Tuhan adalah keselamatan. Itulah arti nama Yesus dalam bahasa Ibrani. Tuhan adalah keselamatanku.

Dimanapun Anda berada, apapun pergumulan Anda, entah Anda sedang melalui lembah yang gelap atau berada di puncak gunung atau hidup Anda sedang baik-baik saja, ingatlah bahwa keselamatan itu asalnya dari Yesus. Dia adalah perwujudan keselamatan, kehadiran dan pribadi Yesus yang mampu bekerja di dalam keadaan apapun Anda.

Apakah Anda percaya kalau Yesus itu adalah sang Juruslamat? Dia Allah yang setia. Dia baik. Dia murah hati. Dia akan membantu Anda melalui segala hal. Karena Dia adalah Tuhan, keselamatan kita.

 

Hak cipta CBN, disadur dengan izin.

Ikuti Kami