4 Hal Ini Akan Membantu Kamu Menyalurkan Berkatmu Dengan Tepat dan Berkenan!
Sumber: Money Crashers

Finance / 22 December 2021

Kalangan Sendiri

4 Hal Ini Akan Membantu Kamu Menyalurkan Berkatmu Dengan Tepat dan Berkenan!

Naomii Simbolon Official Writer
5778

Memberkati dan melayani orang lain adalah kewajiban semua kita, terutama orang Kristen. Dengan memberkati orang lain, kita sedang menyalurkan injil dan kasih tentang Kristus kepada banyak orang.

Tapi masalahnya, ada banyak orang Kristen yang bingung gimana caranya melayani dan memberkati banyak orang dengan tepat. Mungkin beberapa kali sudah membantu orang lain, tapi ketahuan bahwa kita ditipu.

Rasanya, uang atau tenaga kita sia-sia. Tapi sebenarnya sih nggak, karena Tuhan melihat hati kamu. Cum ajika kamu benar-benar ingin membantu dan melayani banyak jiwa lewat berkat yang kamu miliki, inilah beberapa pemahanan  yang mungkin bisa membantumu :

1. Mulailah dari gereja

Pelayanan dimulai dari dalam gereja lokal kamu. Firman Allah berkata, "Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?" (Yakobus 2:15-16)

Jadi, jika kita mengetahui bahwa teman-teman di gereja memiliki sebuah kebutuhan, bantulah, karena itu adalah kewajiban kita sebagai gereja lokal. 

Saya ingat ketika saya pengangguran di kota Batam, kemudian beberapa teman saya mengetahuinya. Lalu suatu hari, seorang teman menemuiku secara diam-diam dan memberiku pekerjaan sebagai Supervisor, sementara aku belum memiliki pengetahuan akan itu. Tapi, dia bersedia membantuku dan mengajariku hingga akhirnya aku bekerja disana.

Itulah tindakan yang saya maksud, itu bukanlah sebuah tindakan yang mencolok, tapi itu adalah tindakan dimana dia mengerti akan kebutuhan orang lain dan memenuhinya. Coba lihat, ada banyak yang membutuhkan bantuanmu di dalam gerejamu, entah itu butuh uang atau butuh telinga untuk mendengar ceritanya.

 

2. Carilah cara yang sederhana dan praktis untuk melayani

Ketika melayani, jangan lupa untuk mempertimbangkan pilihan di sekitar kamu. Carilah cara yang sederhana dan praktis untuk melayani, seperti membantu orang lain yang ingin menyebrang, menyumpang pakaian atau kebutuhan dapur kepada orang lain - kamu bisa mengajak teman-teman di komunitas kamu, jangan menunggu orang lain untuk memulai, tapi mulailah dari dirimu sendiri.

Ada orang yang membutuhkan, semua ada disekitar kamu, jadi peka dan sadarilah itu. Mohonlah supaya Tuhan memberi kamu mata untuk melihat dan hati yang tulus untuk melayani.

BACA JUGA: Diberi Sebutan Dengan 'Jesus Shoes', Sepatu Ini Laris Manis Dalam Semenit. Kok Bisa?

 

3. Melayanilah bersama-sama dengan organisasi yang bisa kamu percayai

Jangan sendirian aja, kamu bisa melayani dengan organisasi tertentu. Ada banyak kok organisasi yang berbeda, yang memiliki visi untuk meringankan penderitaan orang miskin, baik itu secara lokal ataupun global.

Jadi, cobalah mencari tau dan bacalah informasi apapun mengenai organisasi tersebut, terutama soal keuangan. Tinjaulah keuangan mereka supaya kamu tau apakah mereka benar-benar mengelola keuangan yang dipercayakan kepada mereka atau nggak.

 

4. Berdoalah dan percaya bahwa Tuhan akan memberkati pelayananmu

Tanggung jawab kita bukan untuk menyelesaikan kemiskinan, tapi untuk melayani mereka yang menderita saat ini karena kemiskinan. Ketika Yesus kembali ke bumi, maka pada hari itu barulah berakhir segalanya, Dia akan menghapus setiap air mata, Dia akna menghapus dosa, kesedihan, kematian, dan semua ini akan hilang.

"Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." (Wahyu 21:4)

Karena itu, lakukan saja apa yang kamu bisa, dan berdoa kemudian terus percaya bahwa Tuhan akan memberkatinya dan menjadikan semuanya baik dan berkenan bagiNya.

Sekali lagi, sebelum kamu memberi dan memberkati orang lain, pastikan berdoa dulu ya. Berdoa untuk uang yang akan kamu berikan, serta berdoa bagi orang yang akan menerima berkat tersebut, biar nama Tuhan dipermuliakan atasnya. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami