Perbuatan-Nya yang Luar Biasa Bagi Umat Manusia
Kalangan Sendiri

Perbuatan-Nya yang Luar Biasa Bagi Umat Manusia

Claudia Jessica Official Writer
      974

Mazmur 66: 4

Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, memazmurkan nama-Mu.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 20; 1 Korintus 11; Ayub 18-19

Dalam Mazmur 65 dan 66, pemazmur menceritakan semua yang telah dilakukan Tuhan dan semua yang telah dia ciptakan. Dalam mazmur pujian yang penuh kegembiraan, pemazmur menggambarkan "perbuatan Tuhan yang luar biasa dan benar" (Mazmur 65:6), kuasa Tuhan diperlihatkan dalam ciptaan-Nya, kelimpahan Tuhan dalam merawat tanah dan menyiramnya, kemurahan Tuhan dalam menyediakan bagi manusia dan hewan. “Datang dan lihat apa yang telah Tuhan lakukan,” katanya dalam Mazmur 66. Perbuatannya yang luar biasa bagi umat manusia” (Mazmur 66:5). Dokter dan penulis J. Matthew Sleeth mengundang kita untuk berbagi kesembuhan yang datang dari bersaksi tentang keajaiban ciptaan Tuhan:

Ketika pemazmur menasihati kita bagaimana menyembuhkan secara rohani, mereka tidak menyuruh kita untuk membeli televisi, mobil, rumah, atau peralatan olahraga. Tuhan, kata mereka, dapat ditemukan di dunia yang Dia ciptakan, dunia yang penuh dengan keagungan, keindahan, dan kedamaian yang sering kali tidak ada di dunia material kita.

Obat apa yang Tuhan berikan untuk jiwa kita? Perairan yang tenang dan padang rumput hijau (Mazmur 23:2). Temukan tempat di mana tidak ada buatan manusia yang terlihat. Duduk atau berbaring. Diam, dan kenali siapa Tuhan itu (Mazmur 46:10). Jangan berdoa. Jangan khawatir. Tidak berpikir.

Rumah Anda, ponsel Anda, dan dapur baru Anda tidak memuliakan Tuhan. Alkitab menyatakan bahwa jika itu adalah buatan Tuhan (sungai, gunung, burung, pohon), itu memuji Tuhan. Ketika hanya benda-benda buatan Tuhan yang mengelilingi Anda, Anda berada dalam persekutuan pujian.

Jika Anda tinggal di kota, cobalah untuk menemukan satu area kecil yang hanya terdiri dari benda-benda buatan Tuhan. Jika Anda harus berbaring tengkurap dan menatap area seluas satu kaki persegi. Jika ada kebisingan atau suara jalan raya, letakkan tangan Anda di atas telinga Anda. Anda akan mendengar suara denyut nadi dan napas Anda sendiri. Tidak apa-apa. Itulah intinya. Anda adalah ciptaan Tuhan. Kami telah lupa bahwa kami memiliki lebih banyak kesamaan dengan lebah madu daripada yang kami lakukan dengan mobil atau DVD kami.

Mungkin masalah kita selama ini (termasuk depresi dan kecemasan) menjadi sinyal peringatan bahwa kita menjalani gaya hidup yang tidak dikehendaki Tuhan untuk kita jalani. Tanggapan terhadap rasa sakit dan ketidaknyamanan mental harus berusaha memulihkan hubungan dengan Tuhan. Dalam mencari saat-saat tenang, padang rumput hijau, dan air yang tenang, kita mungkin menemukan apa yang dibutuhkan jiwa kita.

Tahukah Anda ke arah mana Bima Sakti melintasi langit? Saat fase bulan berlangsung, apakah cahaya bergerak dari kanan ke kiri, atau kiri ke kanan? Bisakah Anda mengidentifikasi lebih banyak pohon atau mobil?

Jika Alkitab berkata Tuhan mengetahui setiap bunga dan burung, mengapa kita menghabiskan begitu banyak usaha untuk mengetahui nama-nama benda buatan manusia? Mungkin kita memperhatikan hal-hal yang salah. Mungkin inilah mengapa hidup terasa begitu sulit. Jika ini adalah dunia Bapa kita, mungkin kita harus lebih memperhatikannya.

Pikirkan tentang ini

• Dengan cara apa budaya dan gaya hidup Anda mengalihkan Anda dari dunia ciptaan Tuhan?

• Dengan cara apa ciptaan Allah mencerminkan kemuliaan-Nya?

• Apa dalam diri Anda yang membutuhkan penyembuhan?

Cobalah untuk keluarlah minggu ini dan kelilingi diri Anda hanya dengan hal-hal buatan Tuhan. Sembahlah Allah bersama ciptaan-Nya.

 

Hak cipta oleh Zondervan. Disadurkan dari crosswalk.com.

Ikuti Kami