#Fakta Alkitab: Kenapa Maria Dipilih Menjadi Orangtua Yesus?

#Fakta Alkitab: Kenapa Maria Dipilih Menjadi Orangtua Yesus?

Claudia Jessica Official Writer
576

Tahukah kamu bahwa Alkitab begitu banyak menyebut nama Maria dengan orang yang berbeda? Lalu apa keistimewaan Maria, ibu Yesus, sehingga ia dipilih Allah untuk mengandung Bayi Juruselamat?

 

Maria, figur Inspiratif

Maria, bunda Yesus, tentu menjadi sosok yang paling terkenal dari semua nama Maria dalam Alkitab. Posisinya dalam Perjanjian Baru jelas dibedakan dengan para penyandang nama Maria lainnya. Namanya disebut secara spesifik 12 kali dalam Injil Lukas, 5 kali di Injil Matius, sekali di Injil Markus dan sekali di Kisah Para Rasul.

Kisah Maria dalam Alkitab memang cukup unik dan menarik perhatian untuk dibaca. Ia merupakan sosok penting dan juga menjadi salah satu tokoh Alkitab yang sangat menginspirasi. Saat natal tiba, kisah Maria sangat banyak dibahas. 

Maria adalah perempuan sederhana, ia masih gadis ketika malaikat Gabriel datang kepadanya dan memberitahukan bahwa ia akan mengandung dan melahirkan Bayi Juruselamat. Pada awalnya Maria sangat terkejut dan takut tentang berita tersebut. Karena hamil diluar nikah merupakan aib memalukan yang akan diganjar dengan hukuman mati karena dianggap berzinah.

Meski demikian Maria tetap percaya dan berserah penuh kepada Allah. “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu,” (Luk. 1:38).  Maria telah menjadi bagian dari rencana Allah bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia.

 

Berasal dari Desa

Penulisan silsilah dalam Alkitab termasuk hal yang penting, dan ini menjadi budaya dalam Israel bahwa silsilah menjadi bagian penting dalam kehidupan mereka. Setiap orang tercatat silsilahnya menurut kaumnya (Bil. 1:18, 1 Taw. 9:22). Menurut tradisi kristen dari sumber-sumber non-kanonik, menyebutkan bahwa orang tua Maria bernama Yoakim dan Anna (Hana).

Maria dan orangtuanya berasal dari Nazaret. Nazaret terletak dibagian utara Israel di wilayah Galilea, kira-kira 30 km di bagian Barat danau Galilea. Pada masa Yesus, Nazaret hanyalah sebuah kota kecil dengan panjang seluas 2700m dengan lebar sekitar 200m. Dalam Injil Lukas, Nazaret pertama kali di deskripsikan sebagai A Town Of Galilee yang dalam bahasa Indonesia berarti satu kota Galilea.

Yesus Kristus dibesarkan di Nazaret sehingga orang banyak menyebutnya Yesus orang Nazaret (Matius 2:23). Sebutan di atas kayu Salib Yesus yang tertulis “INRI” biasa diartikan Yesus Orang Nazaret Raja Orang Yahudi. Sekarang, Nazaret modern adalah sebuah ibukota dan merupakan salah satu kota terbesar di distrik Israel bagian utara. 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Perjalanan Maria Saat Mengandung Bayi Yesus

 

Alasan Maria dipilih Allah

Maria adalah perempuan yang diberkati diantara semua perempuan (Lukas 1:42). Meski demikian ia tetap butuh keselamatan yang daripada Tuhan. Banyak yang bertanya apa keistimewaan Maria sehingga diantara banyaknya wanita di zamannya, ia yang dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan Juruselamat. Berikut ini tim Jawaban merangkum alasan mengapa hal tersebut terjadi.

Pertama. Pemilihan seseorang menjadi bagian dari sejarah kudus Allah adalah hak prerogatif Allah sendiri. Maria dipilih bukan karena ia kaya dan bahagia, bukan juga karena alasan miskin menderita. Hak istimewa Allah sendirilah yang memilih Maria menjadi bagian dalam tata sejarah keselamatan.

Kedua. Lukas 1:38 memperlihatkan bahwa Maria menerima dengan iman program Tuhan melalui konfirmasi daripada malaikat Gabriel. “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu,”

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami