Fakta Alkitab: Saudara-saudara Kandung Yesus
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 10 December 2021

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Saudara-saudara Kandung Yesus

Claudia Jessica Official Writer
10319

Keberadaan Yusuf, Ayah Yesus

Nama Yusuf cukup populer dalam Alkitab, salah satunya Yusuf ayah Yesus. Alkitab menyampaikan bahwa Yusuf keturunan Raja Daud dari suku Yehuda yang tinggal di Nazaret Galilea, namun berasal dari Betlehem. Meskipun berasal dari keturunan raja, Yusuf adalah orang yang sederhana, pekerjaannya ialah seorang tukang kayu (Matius 13:55).

Kesederhanaan Yusuf diperkuat ketika Yesus kecil tidak membawa domba melainkan burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati untuk dipersembahkan kepada Allah melalui imam (Luk. 2:24), bandingkan dengan Imamat 12:6-8.

Yusuf adalah orang yang jujur, perlakuannya kepada Maria, tunangannya menyingkapkan bahwa ia orang baik. Yusuf memiliki semua alasan untuk merasa terhina ketika tahu Maria bukan mengandung anaknya. Walau reaksi awal Yusuf ingin mengakhiri pertunangan, tetapi ia melakukan hal yang tepat sebagai pria yang jujur. Ia tidak ingin Maria menjadi malu dan diam-diam ingin memutuskan pertunangan. Tetapi Allah mengirim malaikat untuk meyakinkan agar Yusuf tetap menikahi Maria. Dan ia pun memilih patuh kepada Allah, dibanding menghindar dari penghinaan masyarakat.

 

BACA JUGA: 3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya

 

Alkitab tidak menjelaskan banyak detail tentang peranan Yusuf sebagai Ayah bagi Yesus Kristus, tetapi kita tahu dari Injil Matius pasal 1 bahwa ia adalah contoh manusia yang memiliki integritas dan kejujuran. Bahkan ia juga berperan aktif dalam menjalankan taurat dan mengajarkannya kepada Yesus (Lukas 2:41).

Alkitab tidak mencatat akhir hidup atau kematian Yusuf, kemungkinan besar ia sudah meninggal ketika Yesus masih kanak-kanak. Namanya sudah tidak muncul lagi setelah perayaan paskah saat Yesus berumur dua belas tahun (Luk. 2:51).

Itulah keluarga Yesus, saudara-saudara, serta Yusuf ayah-Nya. Lalu bagaimana dengan Maria, Ibu Yesus? Kita akan membahas mengenai Maria pada Fakta Alkitab khusus minggu depan ya!

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami