Kehendak Tuhan Selalu Berbanding Lurus Dengan Keadaanmu

Kehendak Tuhan Selalu Berbanding Lurus Dengan Keadaanmu

Lori Official Writer
      597

1 Tesalonika 5: 18

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 148; Wahyu 4; Ester 1-2

Apakah Anda bersyukur hanya karena hal-hal baik dalam hidup Anda?

Sepanjang tahun 2021 ini, mungkin Anda sudah melewati berbagai kondisi naik dan turun. Tapi apakah Anda hanya akan bersyukur untuk hal-hal baik yang terjadi atas hidup Anda?

Di penghujung tahun ini, saya malah diingatkan untuk bersyukur di tengah rasa sakit. Entah itu karena kehilangan pekerjaan, pernikahan yang belum dikaruniai anak, kondisi ekonomi yang tidak menentu, penyakit yang tiba-tiba muncul dan hal menyakitkan lainnya.

Bagaimana seharusnya kita mengucap syukur di tengah masa-masa menyakitkan ini?

Sebagai orang percaya, dasar kita memandang hidup bukan dari keadaan kita tetapi kepada janji Tuhan. Paulus memberi tahu orang-orang Tesalonika supaya mereka ‘mengucap syukur dalam segala hal’.

Kenapa? Karena ‘itulah yang kehendaki Allah di dalam Kristus bagi kita’. Dengan kata lain, pengikut Kristus percaya bahwa setiap kesulitan yang terjadi adalah anugerah dari Tuhan, diizinkan terjadi supaya kita bertumbuh dalam pengenalan akan Dia, supaya kita kembali dimurnikan dan tidak bercela oleh karena dosa, dan supaya kita semakin intim dengan Bapa Surgawi. Kita tidak sendirian. Karena Tuhan selalu memegang kendali penuh atas hidup kita.

Walaupun hidup ini tampak sulit, tapi semua keadaan itu ada di bawah kedaulatan Tuhan.

Kenapa bersyukur itu penting? Karena sebagai manusia, mudah bagi kita untuk terjebak di dalam nafsu akan kenikmatan dunia. Entah keinginan akan rumah yang lebih besar, mobil yang lebih bagus, pakaian yang lebih keren, gadget terbaru dan sebagainya.

Sampai akhirnya mata saya dicelikkan ketika menyaksikan anak-anak jalanan yang tidur di kolong jembatan, masyarakat miskin yang bahkan untuk makan pun mereka harus berjuang. Bahkan ada banyak orang-orang yang hidupnya kurang baik malah bisa bersukacita di tengah keadaan tersebut.

Mungkin di rumah, anak-anak Anda masih bisa tidur dengan perut kenyang. Mereka punya rumah sebagai tempat berteduh. Mereka punya kedua orangtua yang lengkap. Mereka bisa naik mobil bagus. Bahkan masa depan mereka jelas. Sementara di belahan daerah atau negara lain, ada banyak anak yang tidak memiliki kenyamanan demikian.

Apakah Anda masih mengeluh tentang pekerjaan Anda? Bersikeras menuntut ketidakadilan yang dilakukan orang lain terhadap Anda? Daripada fokus kepada keadaan, mengucap syukurlah dalam segala keadaan, baik saat suka maupun duka, saat sakit ataupun senang.

 

Hak cipta Fait Foundation for Life, disadur dari Crosswalk.com

 


 

Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/ButuhDukunganDoa

 

Ikuti Kami