Parents Harus Peka, Ini 3 Kebutuhan Terpenting Anak di Masa Sekarang

Parents Harus Peka, Ini 3 Kebutuhan Terpenting Anak di Masa Sekarang

Lori Official Writer
200

Percaya atau gak, sejak masa pandemi berlangsung 1 dari 3 anak rentan bermasalah dengan kecemasan. 

Kabar terburuknya, kecemasan ini bisa berujung pada depresi yang sangat mengkuatirkan.

Kecemasan ini sendiri tidak mengenal usia bahkan anak balita mulai merasakannya. Dimulai dari rasa bosan, kesepian hingga kesedihan akibat kehilangan anggota keluarganya.

Sementara keluarga yang masih tetap berkumpul bersama mendapati anak-anak remajanya mengurung diri di kamar sembari memainkan ponselnya sepanjang hari. Anak-anak remaja lebih banyak menghabiskan waktunya bersama teman-teman virtual dan semakin membuat mereka tertutup dari dunia nyata, termasuk orangtua dan anggota keluarga lainnya.

 

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Mengelola Rasa Takut

 

Dampak pandemi ini sedikit banyaknya sangat mempengaruhi karakter anak. Karena itu, penting bagi semua orangtua yang memiliki anak usia balita hingga dewasa muda untuk peka dengan 3 kebutuhan penting ini:

1.  Menyediakan tempat yang aman untuk memproses emosi mereka.

Anak-anak membutuhkan kehadiran kedua orangtuanya sebagai tempat untuk meluapkan segala emosi yang mereka rasakan.

Di usia berapapun anak saat ini, mereka pasti merasakan setidaknya kesepian, kemarahan, depresi dan kebosanan. Karena itu, mereka memerlukan tempat yang aman untuk memproses setiap emosi tersebut.

Mereka bisa marah karena sekolah online. Mereka bisa bosan tetap tinggal sepanjang hari di rumah. Mereka bisa cemas karena tak seorangpun memahami dunia mereka. 

 

Baca Juga: 5 Cara Menyembuhkan Gangguan Kecemasan dan Rasa Takut Pada Anak!

 

Anak-anak di masa ini memerlukan Anda sebagai orangtua menjadi orang yang bisa dipercaya dan memahami semua emosi mereka. Pastikan juga untuk meneguhkan mereka dengan janji firman Tuhan.

“Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya ALLAH.” - Mazmur 71: 5

2. Sediakan akses ke dunia luar.

Sebagai manusia sosial, anak juga membutuhkan interaksi yang nyata dengan anak-anak seusianya.

Mereka perlu merasakan kembali lingkungan pergaulan anak yang nyata di luar sana. 

Parents, pahamilah kebutuhan ini dengan menciptakan jembatan interaksi yang aman di dalam keluarga. Atau mungkin membuat janji dengan tetangga atau orangtua-orangtua untuk memberikan anak waktu keluar bersama. Misalnya mengadakan pesta memasak di pekarangan rumah atau membuat jamuan makan malam.

3. Pastikan orangtua mampu mengelola emosi.

Percayalah bahwa saat orangtua cemas atau stress, anak juga akan ikut stress. 

Satu-satunya yang dibutuhkan anak untuk tetap menikmati masa-masa sulit ini adalah dengan menjauhkan mereka dari pemicu stress dan cemas yaitu orangtua sendiri.

Karena itu penting bagi semua orangtua untuk berusaha mengelola kecemasannya sendiri dengan baik. 

Saat Tuhan masih mengizinkan Anda untuk merawat anak-anak di rumah selama masa pandemi dan masih dalam keadaan sehat, itu artinya anak-anak Anda masih memerlukan Anda untuk menjadi pelindung mereka. Jangan menyibukkan diri dengan hal lain dan membiarkan anak-anak Anda justru mencari tempat yang aman dari teman-temannya. 

 

Baca Juga: 5 Kiat Dukung Anak Saat Cemas Hadapi Ujian Sekolah

 

Anak-anak Anda membutuhkan Anda. Meskipun Anda bukan orangtua yang sempurna, tetapi setidaknya Anda sudah berusaha untuk menjadi versi terbaik Anda bagi mereka.

Jadi parents, yuk pekalah dengan keadaan anak-anak Anda. Bantu mereka untuk memproses setiap emosi yang mereka alami dengan baik.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami