6 Cara Tuhan Memakai Hidup Anda Melalui Pekerjaan Saat Ini

6 Cara Tuhan Memakai Hidup Anda Melalui Pekerjaan Saat Ini

Lori Official Writer
17799

Di dunia kerja, tak sedikit orang yang tidak peduli dengan campur tangan Tuhan dalam pekerjaannya. Namun orang percaya selalu meyakini bahwa Dia berdaulat atas segala sesuatu, termasuk atas pekerjaan yang Anda kerjakan saat ini.

Jangan pernah ragu, Tuhan tetap bekerja dalam segala sesuatu tak peduli jenis pekerjaan apa yang Anda geluti. Tuhan bekerja di dalam diri Anda, bukan atas pekerjaan yang Anda kerjakan. Ada kalanya Anda akan merasa Tuhan itu jauh dan seolah tidak bekerja di tengah-tengah tekanan dan kesulitan yang Anda hadapi dalam bekerja. Tetapi ketahuilah bahwa Dia justru memakai situasi dalam pekerjaan Anda untuk sesuatu yang baik.

Tuhan bekerja lewat pekerjaan Anda melalui 6 hal ini:

1. Iman

Tuhan ingin kita hidup untuk Dia dan kemuliaan-Nya. Ini adalah panggilan utama kita. Apapun yang kita lakukan harusnya untuk kemuliaan Tuhan (1 Korintus 10: 31). Kita bekerja untuk Tuhan dan memuliakan Dia. Memuliakan Tuhan bukan berarti menjalani segalanya dengan mulus, justru di dalam kesulitan dan tekananlah kita diajak untuk mengandalkan iman.  

2. Hati

Paulus dipaksa dan dikendalikan karena kasih Kristus untuk melakukan hal-hal yang besar. Ketika kita tergoda untuk menyerah, ingatlah bahwa apa yang kita lakukan itu untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kita bekerja bukan untuk menyenangkan orang-orang di sekitar kita tetapi untuk kemuliaan Allah.

"Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3: 23)

 

Baca Juga: Mau Jadi Berkat di Tempat Kerja? Begini Caranya. Mulai Yuk!

 

3. Tangan

Tangan adalah alat dari hati kita. Tangan bisa melakukan sesuatu yang dipercayai hati. Untuk itu setiap hasil pekerjaan tangan kita harusnya untuk memuliakan Tuhan karena hal itu sebagai persembahan kepada Tuhan. Jika pekerjaan kita tahunya hanya untuk mendapatkan promosi, pengakuan atau posisi yang lebih baik, maka kita akan selalu kecewa. Tuhan layak menerima hasil pekerjaan tangan terbaik kita.

"Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup." (Roma 12: 1)

4. Kasih

Bekerja bukan soal apa yang kita kerjakan, tetapi soal bagaimana kita melakukannya. Pekerjaan kita harus didasarkan sebagai wujud pelayanan kepada orang lain. Dengan kata lain, kita melayani orang lain melalui pekerjaan kita. Pekerjaan itu juga harus menghasilkan buah roh, yaitu sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

"Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu." (Galatia 5: 22-23)

5. Pikiran

Tuhan memakai pekerjaan untuk mengubah cara pikir kita. Tuhan ingin pola pikir kita diubahkan, sehingga segala yang kita lakukan tidak lagi berdasarkan apa kata dunia atau orang sekitar. Saat kita sudah memiliki pola pikir yang benar, maka akan lebih mudah melakukan pekerjaan yang kita kerjakan sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan.

"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." (Roma 12: 2)

 

Baca Juga: 8 Ayat Alkitab Ini Bantu Anda Ambil Keputusan Karir Dengan Berani

 

6. Saksi Iman

Injil menggerakkan kita untuk memberikan dampak. Mungkin alasan Anda berada sdi kantor yang kebanyakan tidak mengenal Allah adalah agar Tuhan bisa memakai Anda untuk menjadi saksi iman.

"Sebaliknya kami tidak mau bermegah melampaui batas, melainkan tetap di dalam batas-batas daerah kerja yang dipatok Allah bagi kami, yang meluas sampai kepada kamu juga. Sebab dalam memberitakan Injil Kristus kami telah sampai kepada kamu, sehingga kami tidak melewati batas daerah kerja kami, seolah-olah kami belum sampai kepada kamu. Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami. Ya, kami hidup, supaya kami dapat memberitakan Injil di daerah-daerah yang lebih jauh dari pada daerah kamu dan tidak bermegah atas hasil-hasil yang dicapai orang lain di daerah kerja yang dipatok untuk mereka." (2 Korintus 10: 13-16)

Tuhan bekerja atas hidup Anda di hari Senin sama seperti Dia bekerja pada hari Minggu. Tidak peduli apakah kita pembuat Pizza, penulis program, atau distributor barang, Tuhan tetap bekerja atas hidup Anda. Dia selalu bekerja di belakang layar. 

 

Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

 

DAFTAR

Sumber : Desiringgod.org
Halaman :
1

Ikuti Kami