8 Fakta Kenapa Anggur Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Dalam Alkitab
Sumber: Alodokter

Health / 6 October 2021

Kalangan Sendiri

8 Fakta Kenapa Anggur Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Dalam Alkitab

Lori Official Writer
5744

5# Minum anggur hanya pada saat persekutuan dan perayaan.

Menurut kitab Ulangan, sebagian besar dari persepuluhan gereja harus disisihkan untuk pesta perayaan bagi Tuhan. 

Di dalam perayaan inilah, orang-orang harus memberi persepuluhan untuk lembu, domba atau anggur.

“…dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.” (Ulangan 14: 26)

6# Ada manfaat kesehatan dibalik minum anggur.

Di 1 Timotius 5: 23, Paulus memerintahkan dia untuk tidak minum air saja, melainkan menggunakan sedikit anggur untuk kesehatan pencernaan dan tubuh yang lemah.

Ayat ini memang terkesan kontradiktif dengan ucapan Paulus di ayat sebelumnya yang memerintahkan supaya para pengawas tidak kecanduan anggur.

 

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Yang Efektif Atasi Nyeri Punggung

 

Namun yang dimaksudkan Paulus di sini adalah bahwa anggur memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan hingga membuat kita kecanduan.

7# Anggur diibaratkan dengan berkat.

Di dalam Amsal 3: 9-10, Tuhan menjanjikan kepada orang yang murah hati kelimpahan makanan dan anggur. Yang dimaksud dengan anggur di sini adalah tentang berkat dan kesegaran yang baru. Tepatnya, anggur bisa menyenangkan hati manusia dan itu adalah obat bagi kesehatan. 

Tetapi kembali diingatkan bahwa anggur harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhannya.

8# Anggur jadi bentuk penghormatan di dalam pesta.

Saat pesta pernikahan di Kana, tuan rumah kehabisan anggur. Adalah suatu kemaluan jika anggur harus habis di tengah pesta. Karena itulah Yesus menyelesaikan masalah ini dengan mujizat-Nya. 

Yesus membuat mengisi semua ton dengan anggur. Dia memastikan supaya semua orang yang hadir di pesta pernikahan itu bersenang-senang dan mendapatkan anggur yang cukup.

 

Baca Juga: Anggur, Mukjizat dan Kemuliaan

 

Intinya adalah manfaat anggur saat dimakan dalam bentuk buah tidak kalah besarnya dengan saat dikonsumsi untuk pengobatan tertentu. Tetapi yang perlu menjadi catatan adalah menjadi salah jika anggur disalahgunakan untuk kemabukan berlebihan. 

 

Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Sumber : Reformedhealth.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami