Bagaimana Jika Orang Lain Memanfaatkan Kebaikan Anda? Lakukan Ini…

Bagaimana Jika Orang Lain Memanfaatkan Kebaikan Anda? Lakukan Ini…

Lori Official Writer
611

Jangan jemu-jemu berbuat baik!

Mengapa Kitab Suci mengajarkan pada kita untuk tidak jemu jemu berbuat baik? Karena ada waktu kita bosan berbuat baik atau berhenti berbuat baik. Mampukah anda berbuat baik kepada orang yang tidak menghargai kebaikan yang kita berikan?

Masihkah anda berbuat baik saat kebaikan dilihat sebagai kejahatan? Bagaimana dengan mereka yang memanfaatkan kebaikan kita? Haruskah hati ini dibiarkan dalam kepahitan saat kebaikan dipandang sebagai pencitraan?

Hidup ini telah memberiku pembelajaran yang sangat berharga. Pengalaman membuat imanku menjadi dewasa. Kesulitan menajamkan naluriku. Fitnah dan pengkhianatan membuat mataku terbuka. Kebenaran berikut ini membuat saya mengerti arti: “Jangan jemu-jemu berbuat baik”.

 

PANGGILAN UTAMA HIDUP INI

Panggilan utama hidup anda adalah menjadi agen kebaikan. Sudah tertulis dalam Kitab Suci bahwa, “Kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan perbuatan baik yang sudah disiapkan sebelumnya, dan Allah mau kita tinggal di dalamnya.” (Efesus 2:10).

Jika ada yang masih bingung untuk apa kita dilahirkan, segera baca ayat-ayat ini. Di sana kita akan segera menemukan tujuan penciptaan. Saat manusia menjadi agen kebaikan, kita sedang memenuhi panggilan hidup kita, “Menjadi agen kebaikan ilahi”.

 

Baca Juga: Jangan Lelah Berbuat Baik

 

KEBAIKAN ITU SIFATNYA KEKAL

Yang namanya perbuatan baik, meski dilupakan oleh yang menerimanya, dimata Tuhan kebaikan anda akan diperhitungkan sampai di alam kekekalan. Ingat baik baik, saat kita masuk pintu sorga, ada kata sambutan yang bunyinya, “Sabarlah hambaku yang baik dan setia’’.

Dua kata ini harus menjadi motivator kita. Lakukan kebaikan karena kita sedang menjalankan perintah TUHAN. Jangan melakukan kebaikan supaya dipandang baik dihadapan manusia. Lakukan kebaikan karena untuk itulah kita diberi hidup di dunia. Berbuat baik adalah panggilan utama setiap manusia.

Cara satu satunya berbuat baik kepada Tuhan adalah melakukan kebaikan untuk ciptaan TUHAN.

 

TUHAN AKAN MEMBALAS KEBAIKAN ANDA

Soal kebaikan itu urusannya dengan TUHAN. Yang Maha Baik telah menciptakan kita sebagai ciptaan yang sungguh amat baik, itulah sebabnya kita berhak menerima semua yang terbaik, supaya kita bisa menjadi agen kebaikan. Maka jangan kaget jika surga punya kepentingan dengan orang baik.

 

Baca Juga: Bangun Klinik Vaksin dan Punya Anak Asuh, Agnes Mo Pilih Tak Perlu Umbar Kebaikan

 

Karena cara Tuhan melakukan kebaikan untuk yang memerlukannya selalu memakai orang baik.

“Berbahagialah orang yang memperhatikan orang yang lemah; TUHAN akan menolong dia di waktu kesesakan. TUHAN akan melindungi dan memelihara dia, Ia akan membahagiakannya di bumi, dan tidak menyerahkan dia ke tangan musuhnya. TUHAN akan menolong dia pada waktu sakit, dan memulihkan kesehatannya.” (Mazmur 41:1-2)

Apakah Anda merasa lelah berbuat baik bagi orang lain karena kerap dimanfaatkan? Sekalipun menyakitkan pandanglah kepada apa yang Tuhan sudah sediakan kelak bagi Anda. Sebab taburan yang baik tidak akan pernah menghasilkan tuaian yang buruk. Tuhan akan mengembalikannya dengan hasil yang melimpah.

 

Artikel ini diambil dari tulisan Paulus Wiratno dan disadur seperlunya. Kunjungi website www.pauluswiratno.com

Sumber : Paulus Wiratno | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami