Parents, Terapkan 3 Cara Ini Untuk Bantu Anak Gunakan Ponsel Sesuai Waktu

Parents, Terapkan 3 Cara Ini Untuk Bantu Anak Gunakan Ponsel Sesuai Waktu

Lori Official Writer
343

Ponsel yang berisi games, video dan komunikasi instan yang tak terbatas membuat anak tak lagi peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jangan anak, bahkan orang dewasa sekalipun banyak terjebak dengan berbagai hal yang ditawarkan oleh alat yang bernama ponsel.

Jadi jangan heran jika anak-anak di masa ini tak lagi tertarik dengan beragam hal yang disuguhkan orang tua di depan mata anak. Bahkan anak memilih untuk tidak lepas dari ponsel sepanjang hari. 

Itu artinya, orangtua sudah perlu waspada dengan kecanduan anak akan ponsel yang melebihi batas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penting untuk menyeimbangkan waktu antara bermain ponsel dan melakukan aktivitas hidup normal. Orangtua perlu mengalihkan perhatian anak kepada sesuatu yang lebih menarik dibanding dengan layar ponsel mereka. 

Bagi orangtua yang menghadapi situasi ini, tenang! Jawaban.com punya 3 ide menarik untuk Anda membantu anak bisa menggunakan waktunya dengan seimbang.

1. Buat Aturan 1:1

Apa itu aturan 1: 1?

Sebelum menerapkan aturan ini, sepakati kepada anak bahwa mereka hanya bisa memakai ponsel jika mereka sudah membaca selama 1 jam. 

Jadi bisa diartinya jika aturan ini adalah perbandingan antara memakai ponsel dan membaca atau 1 jam bermain ponsel harus dibayar dengan 1 jam membaca buku. 

Pastikan aturan ini jelas untuk anak. Bahwa perhitungan waktu tidak termasuk saat sekolah online atau menelepon keluarga atau teman. 

Anda perlu membuat papan pengukur waktu. Sehingga anak bisa melakukannya secara disiplin. 

 

Baca Juga: Ini 9 Ayat Firman Tuhan yang Bicara Soal Tanggung Jawab Orang Tua Kepada Anak

 

2. Bebaskan di Akhir Pekan

Cara lain untuk menyeimbangkan pemakaian ponsel dan aktivitas anak yang lain adalah dengan memberikan anak kompensasi di akhir pekan. 

Misalnya, selama 5 hari dalam seminggu anak tidak bisa memakai ponsel untuk video games dan permainan lain. Tetapi di akhir pekan anak diberi kebebasan untuk memakai ponsel tanpa batas.

Meski begitu, orangtua tetap harus membuat aturan yang jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa diakses oleh anak.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami