Parents, Terapkan 3 Cara Ini Untuk Bantu Anak Gunakan Ponsel Sesuai Waktu
Sumber: Panda Security

Relationship / 21 September 2021

Kalangan Sendiri

Parents, Terapkan 3 Cara Ini Untuk Bantu Anak Gunakan Ponsel Sesuai Waktu

Lori Official Writer
2318

3. Pasang Aplikasi Pengontrol Ponsel

Orangtua tentu saja akan kesulitan mengawasi anak sepanjang waktu. Apalagi ketika orangtua harus bekerja ke kantor.

Jadi supaya orangtua lebih mudah mengawasi anak, cobalah untuk memakai aplikasi yang memberi kontrol orangtua sepenuhnya terhadap aktivitas anak di ponsel. 

Aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk mengizinkan akses apa saja yang bisa dibuka oleh anak. Jika anak hanya bisa mengakses seputar pendidikan, maka orangtua bisa mengaturnya untuk anak.

 

Baca Juga: Inilah Alasan Kuat Kenapa Ortu Kudu Batasi Anak Main Gadget

 

Selain mengawasi dari jarak jauh, orangtua dan anak juga bisa membuat kesepakatan untuk saling percaya. Beberapa anak memang benar-benar bisa dipercaya, sehingga orangtua tidak ragu atas apa yang mereka lakukan melalui ponselnya. Jadi apapun cara yang Anda lakukan, sesuaikanlah dengan kondisi dan karakter anak.

Tak peduli seberapa sbesar usaha orangtua untuk menjauhkan anak dari ponsel, hal itu tidak apa pernah berhasil. Mengingat kehidupan di masa ini sudah bergantung dengan ponsel dan teknologi. Jadi, supaya anak tetap bertumbuh dengan seimbang pastikanlah untuk membuat kesepakatan bersama dengan aturan yang bisa diterima anak dan dilakukan dengan kesadaran penuh akan konsekuensi yang akan mereka tanggung. 

“Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.” - Ibrani 12: 11

Aturan dan kesepakatan dua belah pihak akan mengajarkan anak untuk hidup secara disiplin dan mencegahnya dari kecanduan ponsel yang merusak.

Jangan lupa juga hal terpenting yang perlu orangtua lakukan adalah selalu melibatkan Tuhan dan meminta penjagaan Tuhan atas anak-anak Anda.

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.” - Amsal 3: 5-6

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami