Siap-siap! 20 Tempat Wisata Ini Bersiap Lakukan Uji Coba Buka

Siap-siap! 20 Tempat Wisata Ini Bersiap Lakukan Uji Coba Buka

Claudia Jessica Official Writer
158

Kabar baik untuk Anda yang sudah suntuk di rumah dan ingin pergi liburan! Pada Senin, 13 September kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan informasi bahwa uji coba pembukaan kembali tempat wisata akan segera dilakukan secara bertahap.

Dalam uji coba ini, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi kunci utama bagi pengunjung maupun pihak pengelola dan pekerja untuk dapat memasuki tempat wisata.

“Diharapkan para pengelola tempat wisata yang ditunjuk dalam uji coba benar-benar dapat memahami hal-hal teknis yang harus dipersiapkan - bagaimana mendapat QR Code dari Kementerian Kesehatan yang dapat dipindai pengunjung, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, serta sosialisasi aplikasi PeduliLindungi,” ujar Sandi sebagaimana dikutip dari kompas.com.

Setiap tempat wisata yang hendak melakukan uji coba pembukaan kembali harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan seperti, sudah tersertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan, dan setiap karyawan sudah melakukan vaksinasi.

Adapun 20 tempat wisata yang akan melakukan uji coba pembukaan kembali tersebar di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

> DKI Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

> Jawa Barat

Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

> Jawa Tengah dan DIY

Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinus Sari Mangunan.

> Jawa Timur

Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

Sandiaga menjelaskan bahwa setiap minggu akan diadakan evaluasi terhadap uji coba pembukaan kembali tempat wisata.

 

BACA JUGA: 9 Tips Liburan di Masa Pandemi Berdasarkan Standar dari Kemenparekraf

Bahan yang menjadi evaluasi adalah:

> Bagaimana pengelola menerapkan protokol kesehatan CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan dengan ketat dan disiplin, mulai dari reservasi, ketibaan, sampai kepulangan.

> Penemuan titik krisis di setiap kegiatan

> Durasi aktivitas pengunjung, jaga jarak antar pengunjung

> Penerapan aplikasi PeduliLindungi, menyiapkan satgas khusus, dan koordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.

Penerapan uji coba pembukaan kembali tempat wisata ini tentunya telah melewati berbagai syarat yang ditentukan wilayah harus berada dalam kategori zona hijau, sudah melakukan vaksinasi, dan sebagainya. Namun meski demikian, kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar ya.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami