#FaktaAlkitab: Doa Dua Orang Ini Selalu Didengar dan Dijawab Oleh Tuhan

#FaktaAlkitab: Doa Dua Orang Ini Selalu Didengar dan Dijawab Oleh Tuhan

Claudia Jessica Official Writer
492

Tahukah Anda bahwa ada tokoh Alkitab yang merupakan hamba Tuhan dan setiap doa yang mereka panjatkan selalu didengar oleh Tuhan? Mereka adalah Elia dan Elisa.

Mungkin sekarang timbul pertanyaan di benak Anda, mengapa Tuhan selalu mendengar dan menjawab doa mereka? Apa yang mereka lakukan? Jika ya, mari kita simak bersama fakta-fakta berikut.

 

Doa Elia

Nabi Elia adalah satu dari sepuluh nabi terbesar dalam Perjanjian Lama. Kisah dan pelayanannya terjadi di masa pemerintahan Raja Ahab, yang merupakan salah satu raja jahat di Israel. Elia juga terkenal dengan kisahnya melawan dan membunuh 450 nabi baal.

Beberapa mujizat dan kejadian spektakuler terjadi dalam pelayanan Elia yang dimulai dengan doa. Pertama Elia berdoa meminta hujan tidak turun dan hujan pun tidak turun selama tiga tahun enam bulan, sehingga terjadi kekeringan hebat di negerinya (Yak. 5:17).

Lalu Elia juga berdoa supaya hujan turun, Elia berdoa dengan sungguh-sungguh, karena doanya tersebut maka hujan pun turun (1 Raja-raja 18:42-45).

Kemudian 1 Raja-raja 18:36-38 mencatat bahwa dengan doa Elia maka api turun dari langit. Peristiwa ini terkait dengan konfrontasi Elia dengan 450 nabi baal. Ketika itu para nabi baal mengadakan persembahan kepada baal, namun sang baal tak kunjung datang melahap persembahan mereka. Berbeda dengan Elia, yang berdoa kepada Tuhan sehingga Tuhan berkenan atas Elia yang secara ajaib menurunkan api untuk membakar persembahan Elia.

Peristiwa ini sekaligus membenarkan bahwa hanya Elia selaku nabi Allah dan membuktikan bahwa hanya Tuhan Israel adalah Allah yang hidup yang harus disembah orang Israel.

Kemudian saat Nabi Elia berada di Sarfat, ia bertemu dengan seorang janda yang anaknya sedang sakit keras lalu mati. Elia lalu mendoakan anak tersebut dengan cara menelungkupkan badannya ke atas badan anak itu dan mendoakannya. Mujizat pun terjadi, dan anak tersebut bangkit kembali.

Yakobus 5: 17 berkata bahwa, “Elia adalah manusia biasa…” Elia bukanlah makhluk ilahi atau setengah Allah. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, ia mempunyai perasaan yang sama seperti kita, dan juga mengalami hal-hal yang sama dengan kita. Seperti yang dikatakan dalam 1 Raja-raja 19:3-4, bahwa Elia juga merasa takut, dan juga merasa putus asa, frustrasi, depresi hingga meminta Tuhan mencabut nyawanya.

Sangat mungkin sekali pada saat Elia ingin berdoa, ia dipengaruhi oleh keraguan, ketidakpercayaan, kemalasan, dan sebagainya. Namun Elia berhasil mengatasi semua itu dan Yakobus 5:17 berkata bahwa Elia berdoa dengan sungguh-sungguh sehingga menghasilkan jawaban doa yang luar biasa.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami