#FaktaAlkitab: Doa Dua Orang Ini Selalu Didengar dan Dijawab Oleh Tuhan
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 10 September 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Doa Dua Orang Ini Selalu Didengar dan Dijawab Oleh Tuhan

Claudia Jessica Official Writer
5932

Doa Elisa

Dipilih oleh Tuhan melakukan hal-hal besar tidak serta merta membuat Elia serakah. Sebaliknya, ia tahu bahwa panggilannya sebagai nabi harus terus berlanjut ketika dia tak lagi ada di dunia. Karena itulah Elia mendelegasikan apa yang ia punya kepada penerusnya, yaitu Elisa.

Elisa mengikuti Elia selama kurang lebih 8 tahun, sampai Elia diangkat ke sorga. Di Israel Elisa diakui sebagai penerus Elia. Sesuai permintaannya, maka Elisa diberi Tuhan “dua bagian” (dua kali lipat) dari kuasa Elia (2 Raja-raja 2:9).

Pelayanan Elisa di Israel lebih dari lima puluh tahun, yang mencakup pemerintahan raja Yoram, Yehu, Yoahas, dan Yoas. Arti nama Elisa ialah Allah adalah Juruselamat.

Elisa berpergian ke beberapa tempat dan menjadi penasihat bagi para raja, menjadi teman bagi orang biasa, dan menjadi kawan bagi orang Israel dan orang asing. Alkitab juga mencatat bahwa begitu banyak perkara mujizat karena doa yang dilakukan Elisa selama menjadi hamba Tuhan di Israel.

Diantaranya ialah menyehatkan air yang tidak baik di Yerikho yang sering menyebabkan keguguran bayi, melipatgandakan minyak seorang janda, bernubuat seorang putra akan lahir bagi keluarga Sunem, dan setelah beberapa waktu ia juga membangkitkan anak itu dari kematian, menghilangkan racun dari masakan labu liar, dan menggandakan dua-puluh roti jelai sehingga memberi makan seratus orang.

Mujizat yang menyerupai mujizat yang dilakukan Kristus terjadi juga dalam pelayanan Elisa, seperti menyembuhkan orang yang terkena kusta, serta menggandakan makanan.

Doa Elisa yang begitu terkenal dicatat dalam 2 Raja-Raja 6:16-17. Ketika itu Elisa menghimbau raja Israel tentang pergerakan pasukan Raja Aram yang ingin menyerang Israel. Raja Aram mengetahui bahwa Elisa sedang menggagalkan rencananya, dan berusaha menangkap Elisa.

Ketika itu Gehazi, hamba Elisa, begitu takut melihat pasukan Aram yang mengelilingi mereka. Lalu Elisa meminta Gehazi untuk tenang dan berdoa kepada Tuhan supaya membuka mata hambanya agar bisa melihat pasukan-pasukan malaikat siap sedia untuk mempertahankan orang percaya dan kerajaan Allah.

Jawabnya: "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka. Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa (2 Raja-Raja 6:16-17).

Setelah itu Elisa kembali berdoa supaya pasukan Aram dibutakan saat bertemu dengannya. Dalam keadaan demikian maka Elisa kemudian memimpin pasukan Aram ke Samaria, ibukota Israel, kemudian berdoa kembali supaya Tuhan membuka mata mereka. Maka terjadilah sesuai dengan yang Elisa doakan.

Saat itu Raja Israel mempertimbangkan membunuh pasukan Aram yang ada di tengah Israel, namun sebaliknya Elisa menyarankan supaya mereka dijamu dengan hidangan. Ketika mereka selesai menyantap hidangan, pasukan Aram disuruh kembali, dan sejak itu Aram tidak lagi menyerang Israel (2 Raj. 6:23).

Demikianlah kisah mengenai doa Elia dan Elisa yang menghasilkan mujizat dalam pelayanan mereka. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Pada dasarnya, Allah kita adalah Allah yang senang mendengar dan mengabulkan doa kita umatNya. Yakobus 5: 17 menyatakan bahwa, “Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa…”

Janji Tuhan adalah semua permintaan kita pasti akan dikabulkan jika kita meminta menurut kehendak-Nya. 1 Yohanes 5:14 mengatakan, “Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.”

Ini adalah jaminan yang telah diberikan dalam Kitab Suci bagi kita. Itu berarti jika kita meminta sesuatu sesuai dengan kehendak Tuhan, maka doa kita akan dikabulkan.

 

Buat Anda yang tertarik menyaksikan tayangan FAKTA ALKITAB kami, bisa mengunjungi channel kami. Klik DI SINI. 

 

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Ternyata di Daerah Ini Lokasi Rumah Tuhan Yesus

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami