Apa Arti Sukses Bagi Anda?

Apa Arti Sukses Bagi Anda?

Claudia Jessica Official Writer
180

Sukses, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti berhasil; beruntung.

Banyak orang beranggapan sukses cenderung kepada suatu pencapaian tertentu. Tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa seseorang baru dapat dikatakan sukses ketika kaya raya, stabil secara finansial atau terbebas dari cicilan.

Apakah ada yang salah dengan standar sukses tersebut?

Rasanya tidak juga. Karena setiap orang memiliki standar definisi sukses bagi diri mereka sendiri, termasuk saya, dan juga Anda bukan?

Sebagaimana dikutip dari Quora.com, banyak orang mencoba menjawab definisi sukses. Seperti apa jawabannya?

1. Menurutku pribadi sukses itu keadaan dimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain, ketika aku sudah bisa membantu orang banyak, baru aku bisa mengatakan kalau diriku ini sudah sukses Ilyas Hadiyasa.

2. Dulu, saya pikir sukses itu berarti saya bisa masuk sekolah negri, bisa masuk PTN, lulus dengan nilai memuaskan dan dapat pekerjaan sehingga saya bisa membanggakan kedua orang tua saya.

Tapi, setelah saya gagal masuk sekolah negri, saya merasa saya tidak bisa jadi orang sukses. Saya cukup merasa tertekan saat itu. Saya jadi berpikir, 'apa benar saya tidak bisa jadi orang yang sukses? Saya kan, tidak bisa masuk sekolah negri. Bagaimana caranya agar saya bisa dapat PTN nanti?'

Saya pun mencari-cari informasi tentang mereka yang sukses meskipun tidak dapat sekolah negri, meskipun tidak bisa masuk PTN. Dan ternyata, ada banyak orang di luar sana yang bisa sukses dengan cara mereka sendiri. Bahkan ada yang tidak lulus SD, tapi mereka sudah pandai berjualan. Bahkan sekarang mereka sudah buka bisnis sendiri. Ada juga yang sudah lulus S2, pernah bekerja kantoran, tapi karena semua berkasnya hilang dia terpaksa berjualan balon. Dan saat ditanya, lebih enak mana antara kerja kantoran dengan jualan balon, dia jawab lebih enak jualan balon. Dia bahkan merasa lebih bahagia.

Pemikiran saya jadi terbuka. Saya jadi merasa, 'wah, sukses itu bukan berarti saya harus bisa masuk sekolah negri, masuk PTN, lulus dengan nilai yang memuaskan, lalu bekerja sehingga saya bisa membanggakan orang tua saya. Arti sukses itu ternyata lebih dari itu.'

Saya pun mencari makna sukses untuk saya sendiri. Dan saya menemukannya. Sukses itu berarti saya bisa bahagia. Dan saya tetap harus membanggakan kedua orang tua saya, meskipun bukan masuk sekolah negri atau masuk PTN. Saya tetap bisa membanggakan orang tua saya dengan cara lain. Perjalanan saya masih panjang. Seharusnya saya tidak perlu khawatir dengan masa depan saya. Karena masa depan itu belum pasti. Seharusnya saya fokus pada masa kini saya. Mempersiapkan yang terbaik saat ini, agar saya bisa mendapatkan yang terbaik untuk masa depan nanti.Alvira Maharanai.

3. Menurut saya sukses tiap orang itu memiliki definisi yang luas. Banyak orang yang mengira kesuksesan hanya sekedar mapan, kaya, jenius, terkenal, dan lain sebagainya.

Padahal sejatinya, sukses berati kita telah berhasil mencapai tujuan utama dalam hidup kita. Manusia lahir dan diciptakan didunia ini pasti memiliki tujuan hidup masih-masih, dan tujuan tersebut pastilah berbeda-beda. – Affan Afifudin.

4. Semakin bertambah usia, bertambah pengalaman, saya memaknai sukses adalah keadaan dimana kita sudah mampu menerima dan bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan sekarang.Nurvita Thoharotun Nisa.

Semua jawaban di atas menunjukkan bahwa definisi sukses, ternyata berbeda bagi setiap orang. Ada yang berpendapat untuk menjadi sukses, kita harus bisa berguna bagi orang lain, membahagiakan orang tua, mencapai tujuan, dan bersyukur.

Jadi, apa arti sukses menurut Anda?

Bagikan jawaban Anda melalui Instagram story atau feed, dan @jawabancom ya!

 

BACA JUGA: Semua Orang Pernah Alami Kegagalan Kok! Yuk Bangkit!

Sumber : Quora | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami