#FaktaAlkitab: Ternyata di Daerah Ini Lokasi Rumah Tuhan Yesus
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 5 September 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Ternyata di Daerah Ini Lokasi Rumah Tuhan Yesus

Lori Official Writer
4119

Yesus menyebutkan Kapernaum bersama kota-kota yang berdekatan yaitu Khorazim dan Bethsaida, sebagai tempat dimana Dia paling banyak melakukan mujizat. Kapernaum telah ditinggikan sampai kelangit melalui kehadiran pengabaran dan mukjizat-mukjizat Yesus.

Tetapi saat ini Kapernaum direndahkan. Secara hiperbola Yesus mengatakan bahwa bahkan Sodom tidak akan binasa seandainya kota itu mendapat perlakuan yang sama seperti Kapernaum.

Baik Kapernaum dan Sodom sudah tidak lagi berbentuk. Hanya tinggal reruntuhan yang membentang kira-kira 1.5 Km di sepanjang pesisir danau.

Kecaman Yesus atas Kapernaum adalah sebuah pelajaran berharga sebagai peringatan penting bagi orang-orang yang setiap hari mendengar firman Tuhan. Tetapi seperti penduduk Kapernaum yang tidak juga bertobat, mereka tidak menyelaraskan hidup sesuai hukum atau kaidah kebenaran Tuhan, dengan tegas menyiratkan paradigma Ilahi bahwa jika kita melakukan kesalahan kita masih bisa diampuni.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Asal Usul Kerudung Dalam Alkitab dan Tradisi Yahudi

 

Namun jika kita sudah banyak mendengar kebenaran firman Allah dan menerima anugerahnya tetapi selalu saja melanggar kebenaran-Nya dan sengaja berbuat fasik maka bukan tidak mungkin kita akan direndahkan seperti Kapernaum diturunkan sampai ke dunia orang mati.

Dari sungai Yordan Kapernaum terletak di arah Barat Laut pantai laut Galilea atau Danau Kineret di masa kini, yang Alkitab juga sebut dengan Danau Genesaret atau Laut Tiberias.

Kota kuno Kapernaum ditinggalkan kurang lebih 1000 tahun yang lalu atau lebih dan ditemukan lagi oleh arkeolog pada awal tahun 1805.

Di masa kini, Kapernaum disebut Kefar Nahum (Ibrani) dan Talhum (Arab). Dua situs utama telah diusulkan sebagai lokasi semula Kapernaum. Reruntuhan Khan Minyeh (Horvat Minnim) di tepi Laut Galilea di sudut timur laut Dataran Genesaret diperkirakan oleh banyak orang sebagai lokasi Kapernaum, tetapi penggalian di sana menunjukkan bahwa reruntuhan tersebut bernuansa Arab. Jadi lokasi yang lebih mungkin adalah Tell Hum (Kefar Nahum).

Reruntuhan yang luas sejauh kira-kira 4 Km lagi di sepanjang sisir ke arah timur laut dari Khan Minyeh dan kira-kira pada jarak yang sama di sebelah barat daya dari muara sungai Yordan di laut Galilea.

 

Buat Anda yang tertarik menyaksikan tayangan FAKTA ALKITAB kami, bisa mengunjungi channel kami. Klik DI SINI. 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami