Childfree Jadi Keputusan Banyak Pasangan Muda, Apa Sih Pandangan Alkitab Soal Hal Ini?

Childfree Jadi Keputusan Banyak Pasangan Muda, Apa Sih Pandangan Alkitab Soal Hal Ini?

Lori Official Writer
679

Topik bahasan soal Childfree muncul belakangan ini dan mengundang perhatian dari banyak pasangan menikah.

Di satu sisi banyak yang menilai jika childfree atau rencana tidak punya anak setelah menikah adalah pilihan yang sudah dipertimbangkan secara matang oleh pasangan menikah. Pertimbangan ini bisa dari banyak faktor, seperti tidak siap secara mental, ekonomi atau punya trauma masa kecil. Daripada memaksakan untuk punya anak, jadi pasangan dianggap sah-sah saja memilih untuk childfree.

Sementara di sisi lain, pilihan untuk childfree dianggap hanyalah faktor ketakutan atau kecemasan pasangan menikah saja. Belum lagi banyak yang menilai jika punya anak akan membantu orangtua di masa tuanya kelak.

Sayangnya banyak pasangan yang memilih childfree justru menolak penilaian bahwa mereka mengalami kecemasan tertentu. Sebaliknya, mereka justru menilai bahwa anak seharusnya tidak dilahirkan hanya untuk memenuhi tanggung jawabnya mengurus orangtua.

Menurut pakar psikolog klinis dan anak, Intan Kusuma Wardhani, M.Psi menilai bahwa childfree akan menjadi keputusan yang egois jika diambil secara sepihak tanpa melibatkan pasangan maupun keluarga besar.

 

Baca Juga: Bikin Hubungan Pernikahan Anda Makin Lengket Dengan Katakan 3 Kata Ajaib

 

Dia menilai bahwa keputusan childfree merupakan paham baru yang masih asing di tengah masyarakat Indonesia. Karena itu, penting sekali untuk menyadari bahwa Indonesia berbeda dengan negara barat. Ada banyak pasangan menikah yang justru masih tinggal bersama orangtua atau mertua. Sehingga memutuskan untuk childfree memerlukan masukan atau pertimbangan dari keluarga juga.

“Jadi alangkah baiknya jika keputusan ini disampaikan betul dengan orang tua dengan menjelaskan alasan yang mendasarinya,” ungkap Intan.

Lalu bagaimana seharusnya orang Kristen menanggapi pilihan Childfree? Apa sih yang Alkitab sampaikan soal hal ini?

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami