#FaktaAlkitab: Jenis-jenis Mezbah yang Dicatat Alkitab

Fakta Alkitab / 30 August 2021

#FaktaAlkitab: Jenis-jenis Mezbah yang Dicatat Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
2032

Mezbah dupa

Mezbah dupa yang juga disebut mezbah emas juga terbuat dari kayu Akasia (keluaran 39:38). Bagian atas dan sisinya dilapisi dengan emas. Mezbah itu berukuran 44,5 cm x 44,5 cm dengan tinggi 89 cm dan juga mempunyai tanduk-tanduk yang mencuat dari keempat sudut atasnya.

Dua gelang emas dibuat untuk tempat galah galah pengusung dari kayu akasia yang dilapisi emas. Gelang-gelang ini dipasang di bawah pinggiran emas pada sisi yang berseberangan.

Gambar Mezbah Dupa

Dupa dengan ramuan khusus, dibakar diatas meja ini dua kali sehari, yakno pada pagi hari dan pada waktu senja. Ayat-ayat lain menyebutkan digunakannya sebuah pedupaan atau penadah barang untuk membakar dupa dan tampaknya alat itu juga digunakan sehubungan dengan mezbah dupa.

Mezbah dupa terletak di dalam tabernakel, persis di depan tirai ruang Mahakudus sehingga dikatakan bahwa mezbah itu ada di depan tabut perjanjian. Hubungan yang sangat erat diantara mezbah ini dengan tabut perjanjian, secara jelas disebutkan dalam Ibrani 9:4.

Penyucian dan penggunaan mezbah mezbah Tabernakel

Pada waktu upacara peresmian kedua mezbah diurapi dan disucikan. Pada waktu itu demikian juga belakangan ketika persembahan dosa tertentu dipersembahkan darah binatang korban ditaruh pada tanduk-tanduk mezbah persembahan bakaran dan sisanya dicurahkan didasar mezbah. Sedikit dari minyak pengurapan dan darah yang ada di mezbah dicipratkan pada Harun serta putra-putranya dan pakaian mereka untuk menyucikan mereka menjelang penutup upacara peresmian.

Seluruhnya dibutuhkan waktu tujuh hari untuk penyucian mezbah persembahan bakaran. Hubungan antara persembahan ukupan dengan persembahan bakaran ditunjukkan oleh peraturan bahwa keduanya harus dipersembahkan pada saat yang sama.

Kedua persembahan tersebut menggambarkan pengabdian bangsa Israel Allah mereka. Sedangkan kenyataan bahwa kedua upacara Ini harus dilaksanakan setiap hari menunjukkan bahwa pengabdian tersebut bersifat tetap dan tidak terputus. Namun perbedaan antara kedua upacara tersebut, terletak di dalam kenyataan bahwa melalui persembahan bakaran, bangsa Israel mengabadikan dan menyucikan seluruh hidup dan tindakannya, baik tubuh maupun jiwa untuk Tuhan. Sedangkan melalui persembahan ukupan doa mereka diwujudkan sebagai terangkatnya manusia rohani kepada Allah.

Dalam Wahyu 8:3, malaikat membawa ukupan emas. Asap yang membubung naik melambangkan doa-doa umat. Ukupan ini merupakan unsur umum dalam upacara yang ditentukan dalam Taurat Musa, suatu persembahan yang mahal dan intinya pengakuan akan Allah.

Istilah biasa untuk ukuran ini adalah “qetoret” dalam bahasa Ibrani. Diantara bangsa Israel hanya para imam yang diperbolehkan mempersembahkan korban ukupan. Waktu Allah memberikan kepada Musa petunjuk-petunjuk bagi Harun petunjuk-petunjuk ini mencakup peraturan- peraturan yang tegas mengenai pemakaian ukupan di tempat Kudus.

Itulah fakta tentang mezbah yang tercatat di Alkitab.

Apakah kamu merasa diberkati dengan artikel ini? Bagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang merasa terberkati. Dukung kami untuk terus memproduksi konten yang dapat memberkati banyak orang dengan donasi. Berapapun yang kamu berikan, akan sangat membantu jawaban.com untuk terus beroperasi. Donasi di sini.

 

Jika kamu ingin menonton video fakta Alkitab lainnya, kunjungi YouTube Jawaban! Klik di sini.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami