Presiden Jokowi Izinkan Sekolah Tatap Muka, Asal Penuhi Syarat Ini…

Presiden Jokowi Izinkan Sekolah Tatap Muka, Asal Penuhi Syarat Ini…

Lori Official Writer
582

Dalam kesempatan berkunjung di acara vaksinasi massal untuk pelajar dan door to door untuk masyarakat di Pondok Pesantren Arifah, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sekolah tatap muka bisa kembali diadakan apabila pelajar di Indonesia sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

“Jadi kalau untuk semuanya, semua pelajar di seluruh tanah air, kalau sudah divaksin, silakan langsung tatap muka,” kata Jokowi kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Kepala BIN Daerah Sulawesi Selatan Brigjen TNI Dwi Surjadmodjo.

 

Baca Juga: Presiden Jokowi Suarakan Revisi UU ITE, Banyak Yang Setuju. Ini Sebabnya!

 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pun membenarkan terkait izin sekolah tatap muka ini. Dia menilai bahwa sudah saatnya anak-anak kembali belajar tatap muka dengan cara yang paling aman.

“Alasannya, kita tidak bisa terus menunggu hingga pandemi Covid-19 ini tidak ada, walaupun angka-angka kasusnya sudah mulai turun di Indonesia. Tetapi pandemi ini tentunya akan menjadi suatu hal yang berkelanjutan,” kata Nadiem.

Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri ditetapkan bahwa sekolah tatap muka akan dimulai dengan 50% kapasitas dari semua sekolah wajib melaksanakan protocol kesehatan ketat 3M. 

Meski begitu kebijakan ini masih akan berlaku bagi sekolah-sekolah yang berada di wilayah PPKM level 1-3, yang tenaga pengajarnya sudah divaksin lengkap. 

 

Baca Juga: Sudah Vaksinasi Tapi Kok Belum Dapat Sertifikat? Jangan Langsung Panik! Coba Cara Ini

 

Terkait pelajar yang mengikuti sekolah tatap muka akan ditetapkan berdasarkan beberapa faktor, diantaranya mengalami kesehatan mental selama belajar online, yang merasa kesepian dan pelajar yang mengalami ketinggalan.

“Jadi itu adalah kisi-kisi kebijakan mengenai tatap muka untuk daerah-daerah yang akan pindah dari zona PPKM level 4 ke level 3 sudah harus mempersiapkan semua daftar pemeriksa dan lainnya. Jadi kebijakan itulah yang harus diamati dan untuk orangtua harus siap-siap sekarang untuk bisa melaksanakan PTM terbatas meski itu adalah ujung-ujungnya hak mereka,” terang Nadiem.

Dengan semakin meluasnya pelaksanaan vaksinasi, Presiden Jokowi berharap para pelajar di Indonesia akan segera bisa kembali sekolah tatap muka, meskipun dengan syarat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Sumber : Beritasatu.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami