#FaktaAlkitab – Inilah Lokasi Bait Suci yang Dibangun Raja Salomo

#FaktaAlkitab – Inilah Lokasi Bait Suci yang Dibangun Raja Salomo

Claudia Jessica Official Writer
389

Moria atau Gunung Moria menjadi salah satu tempat yang cukup dikenal yang ditulis dalam Alkitab. Di manakah letak lokasinya sekarang? Seistimewa apa lokasi ini?

Arti Nama Moria

Moria dalam bahasa Ibrani disebut Mōriyyā (מוֹרִיָּה), memiliki arti "ditahbiskan oleh Tuhan”. Moria adalah nama yang diberikan kepada sebuah jajaran pegunungan yang dicatat dalam Kejadian 22.

Moria, Lokasi Ishak Dikorbankan

Nama Moria atau Gunung Moria begitu terkenal dalam peristiwa besar mengenai Abraham dan Ishak. Tertulis dalam Kejadian 22:2, “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

Allah memerintahkan Abraham untuk membawa anaknya, Ishak ke tanah Moria untuk dipersembahkan.

Abraham melakukan perintah Allah dengan baik. Sesampainya di gunung tersebut, Abraham mendirikan mezbah dengan menyusun kayu dan mengikat anaknya. Ia segera mengambil pisau untuk menyembelih Ishak. Namun tiba-tiba terdengar suara malaikat dan mencegah Abraham mengorbankan Ishak dan menggantinya dengan seekor domba jantan.

Atas kepatuhannya itu, Tuhan memberikan janji lain kepada Abraham bahwa Tuhan akan membuat keturunan Abraham sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, serta mereka akan menduduki kota-kota musuhnya.

Perjalanan iman Abraham bersama Ishak menuju Bukit Moria adalah cerita yang sangat inspiratif dan motivatif.

BACA JUGA: Sebagai Anak Tuhan, Nggak Perlu Lagi Kita Cemas, Sebab Ada 'Jehovah Jireh'

Terlihat sikap Abraham yang polos, taat dan percaya penuh dalam meresponi panggilan Tuhan. Kisah Abraham di Moria menggambarkan ujian perjalanan rohani yang harus dialami oleh Abraham serta juga bisa dialami oleh kita, umat-Nya.

Moria merupakan tempat terjadinya penyatuan surga dan bumi, yaitu pernyataan kemahakuasaan Tuhan dan ketaatan yang besar dari Abraham.

Moria adalah gambaran sentra rencana Allah untuk menyelamatkan manusia yang berdosa oleh karena kasih Allah dengan mengorbankan 'domba' Allah.

Jehova Jireh (Tuhan menyediakan) terjadi di Moria dimana Tuhan menyediakan seekor domba bagi Abraham untuk menggantikan Ishak sebagai korban persembahan.

Moria, Lokasi Bait Suci Salomo

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami