#FaktaAlkitab – Inilah Lokasi Bait Suci yang Dibangun Raja Salomo
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 8 September 2022

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab – Inilah Lokasi Bait Suci yang Dibangun Raja Salomo

Claudia Jessica Official Writer
16581

Moria, Lokasi Bait Suci Salomo

Dalam Alkitab bahasa Indonesia, versi Terjemahan Baru, kata "Moria" hanya digunakan dua kali. Pertama dalam kisah Abraham dan Ishak, dan yang kedua sebagai lokasi pembangunan Bait Suci, yaitu pusat peribadatan bangsa Israel dan orang Yahudi di Yerusalem pada zaman kuno.

Pada kemunculannya yang kedua, nama Moria disebut sebagai letak dari Bait Suci Salomo 2 Tawarikh 3:1, “Salomo mulai mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem di gunung Moria, di mana TUHAN menampakkan diri kepada Daud, ayahnya.”

Wacana pembangunan Bait Suci sebenarnya sudah ada sejak kepemimpinan Daud, Ayah Salomo. Ketika itu, Daud membeli tanah dari orang Yebus dan mempersiapkan pembangunan Bait Suci di lokasi tersebut (2 Samuel 24:18-25). Namun niat Daud tidak tercapai semasa hidupnya dan baru dapat direalisasikan oleh Salomo.

Salomo membangun Bait Allah yang luar biasa indah dan diperlengkapi dengan kayu impor, bejana-bejana tembaga dan emas.

Bait Suci Salomo berukuran 60 hasta panjangnya, 20 hasta lebarnya dan 30 hasta tingginya (1 Raja-raja 6:2).

 

 

BACA JUGA: #FAKTAALKITAB: Ini Lho Asal-usul Suku Asli Bangsa Kanaan

 

Bait Suci yang indah yang dibangun Salomo akhirnya dihancurkan oleh Nebukadnezar bersamaan dengan kota Yerusalem dan orang-orangnya dibuang ke Babel. Setelah kembali dari pembuangan, orang Israel membangun kembali Bait Allah kedua di atas reruntuhan Bait Allah yang dibangun Salomo, dibawah kepemimpinan Zerubabel.

Setelah itu, Herodes Agung yang memerintah sekitar tahun 19 sebelum Masehi, ingin agar kejahatannya dilupakan dan popularitasnya kembali naik di mata orang Yahudi. Atas dasar motif politik itu, maka Herodes Agung merekonstruksikan kembali Bait tersebut dengan ukuran yang lebih besar. Sepuluh ribu buruh dipekerjakan dalam pekerjaan yang besar ini, dan Bait ini dibangun kembali dengan taman yang sangat besar sehingga memperoleh kemewahan dan keindahannya kembali. Inilah Bait Suci yang disebut-sebut dalam Injil pada masa Yesus Kristus.

Pada tahun 70 Masehi, Kota Yerusalem dihancurkan oleh pasukan Romawi di bawah pimpinan Titus. Bersamaan dengan itu, Bait Allah yang dibangun oleh Herodes Agung turut dihancurkan. Sebagian kecil tembok sebelah barat dari Bait Allah sengaja ditinggalkan sebagai memori bagi generasi berikutnya sebagai tanda kehebatan tentara Romawi.

Tembok itu sekarang dikenal dengan Tembok Ratapan, sebab di tempat itulah orang-orang Yahudi meratapi hancurnya Bait Allah dan tercerai-berainya bangsa mereka.

 

Wilayah Moria saat ini

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami