Kenapa Papa Mama Perlu Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini? Ini Lho Pentingnya…

Kenapa Papa Mama Perlu Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini? Ini Lho Pentingnya…

Lori Official Writer
3285

Setiap papa mama pasti punya harapan terbaik buat anak-anaknya. Sebagian papa mama mungkin pengen anaknya berprestasi di satu bidang dan mencapai kesuksesan dibidang lain. Tapi menetapkan harapan pribadi untuk masa depan anak hanya akan membuat anak kehilangan potensi maksimal dirinya. 

Daripada menambah beban anak, akan jauh lebih baik kalau papa mama mulai mengidentifikasi atau mendeteksi bakat terpendam dalam diri anak. Karena percaya gak percaya setiap orang diberikan karunia atau bakat oleh Tuhan sejak lahir. Dan bakat ini beraneka ragam jenisnya.

Ada yang punya bakat dalam bidang musik, seni lukis, tari atau peran, komunikasi, bahasa, menulis, bercerita, menghibur, mengajar, olahraga dan sebagainya.

Sebagai orangtua, papa mama diberi hak istimewa untuk mengidentifikasi bakat setiap anak bahkan sejak dia lahir. 

Dengan menemukan bakat anak sejak usia dini, papa mama akan lebih mudah mengarahkan anak untuk mengembangkan bakat tersebut, yang tidak bisa dipungkiri isa jadi jalan bagi masa depan anak yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Buat papa mama yang bingung cara mengidentifikasi bakat anak, bisa melakukan beberapa langkah ini:

Pertama, amati perilaku atau tingkah anak sesering mungkin sejak dia masih belia.

Semakin sering papa mama mengamati perilaku anak, semakin mudah untuk menemukan hal apa yang paling sering dilakukan anak. 

Lalukan pengamatan ini dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

- Apa kelebihan anak saya?

- Apa yang paling senang dia lakukan?

- Apa dia senang dengan mainan atau momen atau kondisi tertentu?

- Apa kemampuan alami yang paling bagus dia lakukan tanpa harus diajari (misalnya, bicara di depan umum, mengeluti seni, bernyanyi, mudah berbaur dengan orang baru)

- Apa hal yang paling mereka sukai?

Setiap jawaban dari pertanyaan ini bisa jadi panduan bagi papa mama untuk lebih mudah menemukan bakat alamiah yang dimiliki anak. 

Percayalah, saat papa mama terus mendorong anak mengembangkan bakat alami tersebut anak akan tumbuh lebih percaya diri dan berkembang lebih pesat.

 

Baca Juga: 

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 1)

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 2)

 

Kedua, berikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan belajar.

Papa mama perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan belajar. Tak perlu memaksa anak. Sebaliknya ikuti kegiatan apa yang mereka ingin lakukan. Misalnya, mereka ingin ikut kelas vokal, musik, melukis dan sebagainya. Izinkan anak untuk mengikuti kelas yang paling dia inginkan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami