Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…

Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…

Lori Official Writer
658

Ivermectin merupakan jenis obat berkandungan anti parasit yang sudah digunakan selama kurang lebih 30 tahun sebagai obat cacing. 

Belakangan ini obat tersebut justru jadi bahan perdebatan publik setelah BPOM memasukkan Ivermectin sebagai salah satu obat penyembuhan bagi pasien covid-19.

Namun di sisi lain, banyak pihak yang masih menimbang efektivitas dan juga efek samping yang bisa disebabkan obat tersebut karena ivermectin termasuk obat keras yang penggunaannya tidak sembarangan.

Meskipun para ahli tengah melakukan uji klinik terkait efektivitas Ivermectin dalam penyembuhan pasien Covid-19, BPOM masih tetap mengizinkan peredaran obat tersebut, namun dengan catatan telah meningkatkan status Ivermectin sebagai obat Emergency Use Authorization (EUA). Dengan itu pembelian obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Akses obat ini sendiri bisa didapatkan oleh pasien bergejala ringan yang melakukan isoman setelah konsultasi dengan telemedicine yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah.

 

Efektivitas Ivermectin 

Gojang ganjing terkait pengobatan pasien Covid-19 dengan Ivermectin di Indonesia memang masih terus berlangsung. 

Dikutip dari Covid19criticalcare.com, ada beragam informasi yang disampaikan terkait efektivitas Ivermectin. Di sana disampaikan bahwa obat ini terbukti bisa berfungsi sebagai pencegah dan pengobatan terhadap Covid-19.

Ivermectin sendiri merupakan obat yang sudah lama ada. Sejak 40 tahun silam efektivitas obat ini sudah diakui berdampak bagi kesehatan global sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit parasit di berbagai benua.

Kandungan Ivermectin bersifat anti-virus dan anti-inflamasi yang menurut penelitian, salah satu kandungan ini mampu mengikat lonjakan protein dalam tubuh sehingga virus sulit masuk kedalam sel tubuh.

 

Baca Juga: Puji Tuhan! Sekarang Pasien Isoman Dapat Obat Gratis Via Telemedicine, Begini Caranya

 

Ivermectin dan Vaksin

Seperti hasil penelitian, Ivermectin bisa digunakan sebagai obat pencegahan terhadap virus karena sifatnya anti-virus. 

Lalu apakah Ivermectin tidak merusak efektivitas vaksin jika dikonsumsi setelah mendapatkan vaksinasi? 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh masyarakat Indonesia. Jadi seperti dikutip dari Covid19criticalcare.com, disampaikan bahwa profilaksis Ivermectin tidak menganggu kemanjuran atau respon imun terhadap vaksin.

Meskipun belum ada data yang akurat untuk menjawab pertanyaan ini, namun Ivermectin dianggap tidak berdampak selama dikonsumsi selama dua minggu setelah vaksinasi dosis kedua.

Bagi mereka yang memiliki metabolisme yang lemah dan memerlukan profilaksis tingkat tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi Ivermectin hingga minggu kedua setelah vaksinasi dosis kedua.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi Ivermectin selama proses vaksinasi tidak akan mempengaruhi pembentukan antibodi dalam tubuh.

 

Ivermectin Tidak Boleh Dikonsumsi Anak

Meskipun ivermectin baik digunakan sebagai pengobatan maupun pencegahan, namun fungsi ini hanya maksimal bekerja bagi orang dewasa.  

Sementara obat ini dilarang untuk dikonsumsi anak-anak. 

“Jadi untuk pencegahan (Ivermectin pada anak) tentu tidak sama sekali. Bagaimana untuk pengobatan? Untuk anak janganlah coba-coba,” terang Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI ) Yogi Prawira lewat diskusi online bertajuk Gonjang Ganjing Ivermectin, Apa Pendapat IDAI?

Yogi menegaskan jika anak yang positif Covid-19 bisa sembuh hanya dengan isoman dan memberikan vitamin secukupnya. Jadi tidak perlu diberikan berbagai macam obat.

“Enggak perlu dikasih obat macam-macam. Enggak usah dikasih susu beruang, dikasih vitamin C setiap 3 jam. Jadi itu enggak perlu. Cukup isolasi mandiri,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan supaya pemberian obat-obatan kepada anak sesuai dengan resep dokter.

“Jangan memberikan obat macam-macam tanpa resep dokter apalagi pada anak. Jadi obat-obatan kita sebaiknya berkiblat pada BPOM, Kemenkes karena semua sudah dipikirkan dengan matang,” jelasnya.

Nah, buat kalian yang sudah vaksinasi dosis satu ataupun dua gak perlu kuatir ya. Kalau saat ini kalian memang sedang mengkonsumsi Ivermectin gunakanlah sesuai dengan resep dokter. Tapi yang terpenting untuk kita perhatikan selama masa-masa pandemi ini adalah tetap jaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan berolahraga serta patuhi protokol kesehatan yang ada dan tetap di rumah selama tidak ada keperluan untuk keluar.

Dan bagi kalian yang belum vaksinasi, yuk segera dapatkan vaksinasi gratis yang disediakan pemerintah di daerah kalian masing-masing. Jangan sia-siakan kesempatan ini. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami