Puji Tuhan! Sekarang Pasien Isoman Dapat Obat Gratis Via Telemedicine, Begini Caranya
Sumber: jawaban.com

News / 6 July 2021

Kalangan Sendiri

Puji Tuhan! Sekarang Pasien Isoman Dapat Obat Gratis Via Telemedicine, Begini Caranya

Claudia Jessica Official Writer
2196

Pasien covid-19 tidak hanya ada di rumah sakit. Banyak juga pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Untuk itu, Kementerian Kesehatan ingin memastikan setiap pasien yang isolasi mandiri juga mendapatkan layanan Kesehatan selayaknya pasien lain yang dirawat di rumah sakit.

Layanan Kesehatan yang dimaksud berupa konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun oleh pasien. Sebagai tahap awal, layanan ini akan berlaku untuk area Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, konsultasi dengan dokter ke rumah sakit menjadi semakin sulit dan menambah risiko penularan. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedicine.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan layanan telemedicine ini akan menggunakan 11 platform untuk memberikan konsultasi dokter serta pengiriman obat secara gratis.

“Maka kita bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes saat Konferensi Pers secara virtual di Youtube Kemenkes, Senin (5/7).

Adapun 11 platform telemedicine antara lain;

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, https://bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?pid=kemenkes&c=sqkemenkes&deep_link_value=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_web_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Semua layanan akan dilakukan dengan berbasis digital. Dokter dapat mengindetifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi dan selanjutnya dapat dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Semakin Meroket, Ayo Kumandangkan 7 Doa Mazmur Untuk Menenangkan Jiwa

Selanjutnya, rumah sakit dapat melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sendang/berat termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan.

Semua paket obat yang akan diberikan kepada pasien tanpa gejala maupun pasien dengan gejala akan dikirimkan secara gratis.

Tak hanya sampai disitu, platform telemedicine juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Jadi, bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR dapat dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.

“Jadi di sini saya mengucapkan terima kasih kepada sebelas platform telemedicine yaitu Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian Kesehatan,” ucap Menkes.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampai terima kasihnya kepada penyedia Telemedicine serta menghimbau masyarakat melakukan pemeriksaan antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

“Kami sangat mengapresiasi segala bentuk dukungan dari berbagai pihak terutama dukungan dari penyedia Telemedicine. Semua mereka gratis membantu. Jadi pada platform ini saya ucapkan terima kasih karena Anda terpanggil,” ucap Menko Marvest.

Jika Anda dinyatakan positif terinfeksi virus corona ini, tidak perlu panik dan lakukan panduan ini jika tidak mengalami gejala berat: Ini Panduan Cara Isolasi Mandiri Pasien OTG Hingga Sedang Dari Satgas Covid-19

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id
Halaman :
1

Ikuti Kami