Ketika Harapan Menjadi Berhala
Kalangan Sendiri

Ketika Harapan Menjadi Berhala

Claudia Jessica Official Writer
      2992

Filipi 4: 6

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 12; Matius 12; 2 Raja-Raja 9-10

Ketika putri saya menjadi buta lima tahun yang lalu, keluarga kami memutuskan untuk berdiri teguh dalam iman kami. Meskipun kami tidak mengerti maksud Tuhan mengizinkan dia menjadi cacat, namun kami tahu Tuhan berdaulat dan mampu menyembuhkan. Amberle ingin menjadi perawat misionaris, dan dia baru saja memulai tahun seniornya di perguruan tinggi ketika mengalami reaksi alergi langka yang mengakibatkan kebutaan.

Beberapa kali sehari kami berdoa untuk kesembuhannya, dan kami melakukannya setiap hari. Setelah tiga kali operasi, penglihatan Amberle kembali, kami sangat gembira. Namun, enam bulan kemudian, dia jatuh ke dalam kegelapan lagi. Kami mencari bantuan medis terbaik yang ada, dan kami terus berdoa dalam otoritas dan iman kami.

Kami berharap Tuhan menyembuhkannya, hampir setahun kami menunggu sebelum akhirnya kami mencari layanan praktis yang dibutuhkan Amberle untuk hidup mandiri seperti pelatihan rehabilitatif. Kami terus berdoa.

Lima tahun berlalu. Delapan belas operasi telah dilakukan, Amberle masih buta. Suatu hari, ketika saya mengangkat doa saya atas kesembuhan Amberle, saya merasakan Tuhan menginterupsi saya. “Ada hal yang lebih penting daripada penyembuhan,” katanya. “Hal-hal seperti kepuasan, kegembiraan, dan kedamaian. Apakah dia memiliki ini?”

Ya, dia memilikinya.

Bahkan, Amberle menikah dengan bahagia, menyelesaikan gelar Masternya, dan aktif dalam melayani Tuhan.

“Engkau telah menjadikannya sebagai penyembuh berhala,” Tuhan menegur dengan lembut. “Kamu telah membuat keinginanmu atas kesembuhannya lebih penting daripada hubunganmu denganku.”

Meskipun saya tidak menyadarinya selama lima tahun terakhir, namun sekarang saya sadar bahwa energi spiritual saya telah dikhususkan untuk berdoa atas kesembuhan putri saya daripada berdoa kepada Tuhan.

Saya telah dibutakan oleh apa yang saya lihat daripada diberdayakan oleh apa yang saya ketahui, seperti orang Israel pernah berada di lembah Elah (1 Samuel 17). Dan seperti orang Israel, saya telah menghabiskan begitu banyak energi untuk fokus pada masalah seukuran Goliat sehingga saya tidak bisa melihat bahwa ada sang pemecah masalah sebesar Tuhan saya.

Gangguan adalah salah satu alat utama Setan. Dia mencoba merusak hubungan kita dengan Tuhan dengan membuat kita berkonsentrasi pada kesulitan duniawi kita alih-alih Bapa Surgawi kita

Dalam kasus saya, alih-alih menyerahkan situasi kepada-Nya dan mencari kedamaian-Nya, saya hanya memberi tahu Tuhan tentang keinginan saya atas kesembuhan Amberle sepanjang waktu, dan mencoba menyelesaikannya sendiri.

Apakah saya salah berdoa untuk kesembuhan putri saya? Tidak semuanya. Filipi 4:6 menyatakan:

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Saya bertobat dari penyembahan berhala dan mulai membawa permintaan saya kepada Tuhan daripada membawa Tuhan untuk permintaan saya. Saya belajar untuk merenungkan siapa Tuhan daripada apa yang dapat Dia lakukan dan menerapkan kebenaran Yesaya 26:3:

“Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.”

Apakah perubahan itu mendatangkan kesembuhan bagi putri saya? Tidak. Dia masih buta. Dan saya masih berdoa untuknya setiap hari dengan otoritas yang diberikan Bapa Surgawi kepada orang-orang percaya.

Saya tahu Tuhan bisa menyembuhkannya. Tetapi sejak saya mulai berfokus pada hubungan saya dengan Tuhan, saya belajar untuk lebih percaya kepada-Nya. Apakah kesembuhan datang atau tidak di alam dunia ini, Tuhan dapat dipercaya dengan rencana-Nya yang baik dan sempurna.

Ketika Anda memiliki masalah yang tampaknya tidak dapat diatasi, jangan tempatkan masalah itu antara Anda dan Tuhan. Tempatkan Tuhan di antara masalah dan Anda.

 

Hak Cipta © 2018 Glenda Durano, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami