#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (1/2)

#FaktaAlkitab: 10 Hari-hari Raya yang Ditulis Dalam Alkitab (1/2)

Lori Official Writer
555

Alkitab mencatat bahwa bangsa Israel menjalani beragam ritual hari raya. Semua hari raya diperingati secara khusyuk atau dirayakan dengan hati yang gembira untuk satu tujuan tertentu. 

Alkitab mencatat terdapat 10 hari raya Israel yang paling istimewa. Setiap perayaan biasanya dilakukan dengan mempersembahkan korban atau memberi sesembahan kepada Tuhan. 

Delapan dari sepuluh hari raya tersebut merupakan perintah langsung dari Tuhan. Melalui Musa kepada umat Israel (Imamat 23). 

Sementara dua dari hari raya lainnya ditetapkan sendiri oleh bangsa Israel. Tetapi tentu saja hal itu atas persetujuan Tuhan sebagai bentuk dari peringatan akan perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar atas hidup mereka.

Hampir seluruh perayaan hari raya ini diperingati di jantung kota Yerusalem. Sehingga biasanya, orang-orang Israel yang berada di luar Yerusalem datang ke kota itu untuk ikut merayakannya bersama-sama.

Beberapa dari hari raya tersebut terjadi dalam waktu yang sangat berdekatan atau dalam bulan yang sama. Sebagian hanya berbeda beberapa hari saja dan bahkan ada yang terjadi di hari yang sama.

Semua hari raya Israel tersebut biasanya diadakan didalam bait suci. Bahkan sejak bait suci Israel sudah tidak ada lagi, orang Israel akan merayakannya di rumah ibadat atau sinagog.

Hari-hari raya ini juga muncul di Perjanjian Baru yang bersinggungan dengan orang-orang Yahudi. 

Lalu hari raya apa sajakah yang ditulis di dalam Alkitab?

1. Hari Raya Sabat

Sabat adalah perintah Tuhan yang disampaikan Nabi Musa (Imamtat 23: 1-3). Inilah satu-satunya hari raya Israel yang dirayakan sekali dalam seminggu.

Sabat dirayakan setiap hari ke-7 yang jika dilihat dari kalender Yahudi jatuh pada hari Sabtu. 

Hari raya sabat pertama kali muncul dalam Keluaran 20: 2-17. Dimana dikatakan, “Ingatah dan kuduskanlah hari Sabat”.

Kata “sabat” sendiri berasal dari bahasa Ibrani yaitu Syabbat yang artinya berhenti. Maksudnya berhenti atau beristirahat dari segala pekerjaan atau aktivitas. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Kemenangan Tercerdik Bangssa Israel Melawan Kota Ai dalam Alkitab

 

2. Hari Raya Paskah 

Paskah adalah memperingati keluarnya bangsa Israel dari tanah perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian yaitu tanah Kanaan. 

Hari raya Paskah dibahas secara rinci di Keluaran 12: 1-13. Di sana disebutkan, “Itulah Paskah bagi Tuhan.”

Untuk mengenang peristiwa keluarga bangsa Israel ini, Tuhan memerintahkan supaya mereka merayakan Paskah. Dengan demikian mereka selalu mengingat perbuatan Tuhan tersebut turun temurun hingga anak cucu mereka.

Hari raya Paskah sendiri diperingati pada tanggal 14 bulan pertama dalam kalender Israel atau bulan Maret-April dalam kalender Masehi.

Tuhan Yesus telah menggenapi Paskah Yahudi dan menggantinya dengan Paskah Kristen. Dengan demikian orang Kristen merayakan Paskah tidak lagi dalam rangka memperingati kebebasan orang Israel dari perbudakan Mesir. Tetapi memperingati keluarnya orang percaya dari perbudakan dosa melalui kematian Yesus.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami