Mengapa Penyintas Covid-19 Harus Menunggu 3 Bulan Untuk Mendapatkan Vaksinasi?

Mengapa Penyintas Covid-19 Harus Menunggu 3 Bulan Untuk Mendapatkan Vaksinasi?

Claudia Jessica Official Writer
383

Vaksin covid-19 tidak hanya diberikan masyarakat yang belum pernah terinfeksi, melainkan juga kepada mereka yang sudah pernah terinfeksi. Faktanya, antibodi yang terbentuk usai terinfeksi covid-19 cenderung akan menurun seiring berjalannya waktu.

Dikutip dari health.detik.com, CEO sekaligus pendiri Imanis Life Sciences, dr Stephen Russell mengatakan, “Penurunan signifikan dalam antibodi penetral terlihat bahkan dalam beberapa bulan pertama setelah pemulihan dari infeksi COVID-19.”

Namun sebelum mendapatkan vaksin, para penyintas harus sembuh minimal 3 bulan sebelum melakukan vaksinasi. Hal ini dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, dr. Siti Nadia Tarmizi.

Menurut Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati, Ph. D, hal ini disebabkan penyintas COVID-19 bukanlah termasuk prioritas yang perlu mendapatkan vaksin, karena tubuhnya telah membangun antibodi selama terinfeksi virus COVID-19.

“Sebelum 3 bulan (usai dinyatakan sembuh), orang masih ada kekebalannya. Jadi penyintas tidak diprioritaskan untuk menerima vaksin” jelas Zullies sebagaimana dikutip dari kompas.com.

“Tetapi setelah tiga bulan, antibodi memang sudah mulai menurun. Oleh sebab itu, disarankan untuk divaksin lagi setelah tiga bulan” tambahnya.

BACA JUGA: 4 Hal Terpenting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Vaksinasi

Hal ini juga diatur dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/368/2021 dan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), penyintas COVID-19 dapat divaksinasi 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Para penyintas juga tidak perlu takut karena Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) telah membuktikan bahwa vaksinasi Covid-19 aman bagi orang-orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dengan gejala maupun tanpa gejala sebelumnnya.

Jika Anda masih ragu untuk mendapatkan vaksin setelah sembuh, cobala berkonsultasi dengan dokter atau dinas kesehatan setempat, fasilitas kesehatan terdekat dari rumah, atau hotline vaksinasi COVID-19 di nomor 119 ext. 9.

 

BACA JUGA:

Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Positif Covid-19? Ini Jawabannya!

Covid-19 Makin Meroket, Ayo Kumandangkan 7 Doa Mazmur Untuk Menenangkan Jiwa

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami