5 Alat yang Wajib Tersedia Saat Isolasi Mandiri! Nomor 4 Paling Penting!

5 Alat yang Wajib Tersedia Saat Isolasi Mandiri! Nomor 4 Paling Penting!

Claudia Jessica Official Writer
662

3. Tabung oksigen

Tabung oksigen juga merupakan alat yang penting bagi pasien Covid-19. Namun, jika pasien tidak mengalami gejala atau hanya mengalami gejala ringan, tabung oksigen tidak diperlukan.

4. Pulse oxymeter

Pulse oximeter yang biasa disebut oximeter adalah alat yang wajib dimiliki oleh pasien Covid-19. Gunanya untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah. Sesak nafas disebabkan oleh kurangnya oksigen di dalam tubuh, hal ini merupakan gejala yang dialami oleh pasien Covid-19. Dengan mengetahui kadar oksigen dalam darah, pasien bisa mengetahui seberapa darurat kondisinya saat itu.

Ada dua angka berbeda yang tertera di layer oximeter. Angka dengan tanda persen (%SpO2) menunjukkan saturasi oksigen dalam darah. Lalu, angka dengan huruf HR atau heart rate menandakan jumlah detak jantung. Saturasi oksigen (%SpO2) normal berada di angka 95 persen. Saturasi oksigen di bawah angka tersebut menandakan pasien COVID-19 mengalami kekurangan oksigen. Jika mengalami kekurangan oksigen, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri disarankan untuk menghubungi dokter agar mendapat penaganan yang tepat.

5. Obat-obatan dan vitamin

Obat-obatan dan vitamin juga merupakan hal wajib yang harus dimiliki ketika melakukan isolasi mandiri. Namun, perlu dicatat bahwa obat-obatan dan vitamin yang akan Anda konsumsi harus sesuai dengan resep dokter dan kebutuhan Anda. Sediakan juga air minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. Anda juga bisa menyimpan beberapa cemilan sehat seperti buah, biscuit, atau kacang-kacangan di dalam kamar.

Itulah lima hal yang Anda perlukan selama menjalani isolasi mandiri. Semoga bermanfaat ya JCers!

BACA JUGA: Puji Tuhan! Sekarang Pasien Isoman Dapat Obat Gratis Via Telemedicine, Begini Caranya

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami