7 Kiat Bertahan Hidup Saat Kehilangan Pekerjaan

7 Kiat Bertahan Hidup Saat Kehilangan Pekerjaan

Claudia Jessica Official Writer
751

Kini waktu semakin ketat, semakin sulit untuk menemukan cara mengurangi seluruh pengeluaran itu. Tapi kita harus melakukannya. Kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendefinisikan hal-hal penting. Kita harus belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

3. Hubungi pemberi pinjaman

Mungkin Anda merasa malu, namun hubungi lah pemberi pinjaman Anda jika tidak mampu membayar sesuai jadwal, dan lakukan sebelum mereka yang menghubungi Anda terlebih dahulu. Jujurlah tentang situasi yang Anda hadapi, kreditur mungkin akan menghargai usaha Anda dan menindaklanjuti apa yang kalian rencanakan.

Yesus mengatakan kepada mereka yang ingin Tuhan bantu atas kebutuhan keuangan mereka untuk “mencari dahulu kerajaannya dan kebenarannya” (Mat. 6:33). Mencari “kerajaan-Nya” berarti mencari pengaruh-Nya. Mencari “kebenaran-Nya” adalah bekerja keras untuk melakukan apa yang benar. Menghubungi mereka saat Anda tidak dapat membayar pinjaman yang mereka berikan adalah hal yang “benar” untuk dilakukan. Kreditur Anda akan mungkin akan menghargainya, Tuhan akan menghormatinya

4. Jangan berhenti memberi

Mungkin terdengar tidak masuk akal, namun Tuhan memanggil kita untuk memberi sekalipun kita akan kehabisan sumber daya.

Ada cerita dalam 1 Raja-raja 17 tentang nabi Elia meminta Wanita untuk makan di tengah kelaparan yang mengerikan. Wanita itu berkata:

“Demi TUHAN, Allahmu, yang hidup, sesungguhnya tidak ada roti padaku sedikit pun, kecuali segenggam tepung dalam tempayan dan sedikit minyak dalam buli-buli. Dan sekarang aku sedang mengumpulkan dua tiga potong kayu api, kemudian aku mau pulang dan mengolahnya bagiku dan bagi anakku, dan setelah kami memakannya, maka kami akan mati.” Tetapi Elia berkata kepadanya: “Janganlah takut, pulanglah, buatlah seperti yang kaukatakan, tetapi buatlah lebih dahulu bagiku sepotong roti bundar kecil dari padanya, dan bawalah kepadaku, kemudian barulah kaubuat bagimu dan bagi anakmu. Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Tepung dalam tempayan itu tidak akan habis dan minyak dalam buli-buli itu pun tidak akan berkurang sampai pada waktu TUHAN memberi hujan ke atas muka bumi.”

Wanita itu melakukannya dan dia tidak kehabisan makanan sampai kekeringan berakhir. Tuhan menggunakan pemberiannya untuk membuka persediaan. Bukan berarti memberi “menghasilkan” segalanya. Namun, kepercayaan kepada Tuhanlah yang membuka aliran berkat.

5. Keluarkan resume dengan iman

Jangan merajuk dan duduk dalam ketakutan. Terus bergerak dengan harapan. Ingatlah bahwa Tuhan adalah pencipta. Itu berarti bahwa sekalipun tidak ada pekerjaan untuk Anda saat ini, Dia dapat menciptakannya hanya untuk Anda. Berani percaya. Yesuslah yang berkata, “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” (Markus 9:23). Juga, bersedia untuk bekerja di pekerjaan yang membayar kurang dari yang sebelumnya Anda dapatkan di pekerjaan sebelumnya.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami