#KataAlkitab: Bukan Hanya Cinta Tuhan, Tapi Dua Tokoh Alkitab Ini Cinta Bangsanya

#KataAlkitab: Bukan Hanya Cinta Tuhan, Tapi Dua Tokoh Alkitab Ini Cinta Bangsanya

Lori Official Writer
259

Nehemia, walaupun berada di negeri  pembuangan yang jauh dari bangsanya Israel. Hatinya tetap untuk bangsanya itu.

Bahkan saat dia mendengar kabar tentang kondisi Yerusalem yang hancur, dia menangis, berdoa dan berpuasa. 

Hal serupa juga dilakukan oleh Ester dan Mordekhai saat mereka tahu bahwa bangsanya menghadapi bahaya. Sama seperti apa yang dilakukan Nehemia, mereka juga berdoa dan berpuasa untuk memperjuangkan keselamatan bangsanya.

Banyak tokoh Alkitab memperlihatkan bagaimana mereka tidak hanya mencintai Tuhan tapi juga peduli dan mencintai bangsanya.

Bagaimana dengan kita sebagai orang Kristen? Apa yang sudah kita perbuat untuk kebaikan bangsa Indonesia saat ini?

Pada 20 Mei 2021 yang lalu, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional, yang merupakan tonggak bersejarah yang ditanda dengan lahirnya gerakan pemuda Budi Oetomo. 

Gerakan ini merupakan sebuah gerakan yang bersifat kedaerahan menjadi gerakan persatuan untuk lahirnya Bangsa Indonesia. Dengan satu tujuan bersama ‘Kemerdekaan Indonesia sera masyarakat yang adil dan makmur.’

Dari mana kita mulai berjuang untuk kemerdekaan bangsa kita? Mari belajar dari dua tokoh Alkitab ini yaitu Nehemia dan Ester.

 

Baca Juga: Ini 4 Tokoh Perempuan Penting Dalam Alkitab, Punya Pengaruh dan Beriman Besar

 

Seperti kit abaca dalam kisahnya, baik Nehemia dan Ester pada masanya berada di posisi yang nyaman dan aman.

Nehemia adalah juru minum raja, seorang pejabat kerajaan yang berpengaruh. Bisa saja dia menutup mata atas keadaan bangsanya, tapi dia malah melakukan hal sebaliknya. Dia memilih untuk melakukan sesuatu.

Hal serupa juga dilakukan oleh Ester. Sekaipun dia harus mempertaruhkan nyawa dan posisinya sebagai seorang ratu, ia memutuskan untuk memperjuangkan nasib bangsanya.

Baik Nehemia dan Ester memulai dengan langkah sederhana yaitu merendahkan diri dihadapan Tuhan dengan berdoa dan berpuasa. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami