Paranormal Mbak You Meninggal, Apakah Orang Kristen Boleh Percaya Ramalannya?

Paranormal Mbak You Meninggal, Apakah Orang Kristen Boleh Percaya Ramalannya?

Lori Official Writer
3475

Berita duka datang dari dunia hiburan tanah air. Peranormal Mbak You dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 1 Juli 2021. 

Seperti disampaikan oleh pihak keluarga, sudah tiga hari belakangan Mbak You mengalami sesak napas akibat penyakit asma yang dideritanya. Namun saat dalam perjalanan menuju rumah sakit, nyawa Mbak You tak lagi tertolong.

Kematian Mbak You rupanya sudah diramalkan oleh paranormal asal Aceh, Teuku Iqbal di akhir Januari 2021 lalu. Hal ini disampaikan lewat unggahan YouTube pribadinya bahwa dirinya mendapati jika Mbak You akan meninggal tahun ini.

 

Ramalan Mbak You

Dari berbagai informasi yang diberitakan oleh media, semasa hidupnya ada beragam ramalan yang disampaikan oleh Mbak You dan kebanyakan diantaranya dipercaya kebenarannya. Sehingga namanya semakin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Mbak You meramalkan banyak peristiwa-peristiwa buruk yang akan menimpa pemerintah, negara-negara dan bahkan kehidupan di kalangan artis. Dua tahun belakangan dia juga meramalkan tentang carut marut pemerintahan Jokowi, kecelakaan pesawat Sriwijaya di akhir tahun 2020.

Bahkan sebelum meninggal dia sempat meramal kejadian buruk atas Indonesia diantaranya bencana alam, kecelakaan transportasi, pandemi Covid-19 hingga meninggalnya sejumlah artis dan terlibat kasus narkoba. Hampir sebagian besar ramalan yang disampaikannya terjadi.

 

Baca Juga: Wanita Penerawang Indonesia itu Akhirnya Tutup Usia

 

Apakah orang Kristen bisa mempercayai ramalan-ramalan paranormal ini?

Alkitab sendiri tidak menyebutkan ramalan, melainkan nubuatan. 

Nubuatan sendiri adalah perkataan atau pesan yang menyingkapkan atau menyatakan lebih dulu peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Nubuatan biasanya disampaikan melalui perantara seseorang.

Nubuatan di dalam Alkitab banyak berbicara tentang kedatangan Mesias atau Yesus seperti dalam kitab Yesaya. Tetapi kebanyakan nubuatan yang ditulis dalam Alkitab menyampaikan tentang peristiwa yang membangun, menasihati dan menghibur.

Sebagaimana disampaikan oleh Pendeta Rendy Chandradinata, di masa sekarang nubuatan dianggap serupa dengan ramalan atau paranormal. Tetapi sebenarnya nubuatan dengan ramalan atau paranormal itu sangat berbeda.

 

Baca Juga:

Lebih Penting Daripada Bahasa Roh, Ini Yang Bedakan Nubuatan Dengan Ramalan #KataAlkitab

Apakah Nubuat Sama Dengan Ramalan? Ini Penjelasan Pendeta Rendy Chandradinata

 

Menurut Pendeta Rendy, nubuatan biasanya akan selalu mengungkapkan rencana Tuhan bagi orang percaya. Semetara ramalan kebanyakan merupakan sesuatu yang bersifat peristiwa buruk yang membangkitkan rasa takut. 

Hal inilah yang membedakan antara nubuatan dan ramalan. Bahkan untuk nubuatan, firman Tuhan sendiri berkata supaya orang percaya menguji segala sesuatu dan tidak langsung mempercayainya begitu saja.

Jadi untuk menerima karunia nubuatan, kita perlu punya hati yang murni. 

“Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.” (1 Korintus 14: 4)

Sumber : Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami