Teruntuk Ayah, 3 Kata Kerja dari 1 Tesalonika 2 Ini Perlu Dilakukan ke Anak
Sumber: jawaban

Relationship / 21 June 2021

Kalangan Sendiri

Teruntuk Ayah, 3 Kata Kerja dari 1 Tesalonika 2 Ini Perlu Dilakukan ke Anak

Lori Official Writer
3263

Paulus menyampaikan tentang bagaimana proses orang percaya bertumbuh menuju kedewasaan dalam 1 Tesalonika 2: 11-12, “Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang dan meminta dengan sangat supaya kamu hidup sesuai dengan kehendak Allah, yang memanggil kamu ke dalam Kerajaan dan kemuliaan-Nya...”

Lewat ayat ini, Paulus menyampaikan tentang tiga tindakan terbaik yang bisa dilakukan seorang ayah kepada anak-anaknya.

Di dalam ayat tersebut, Paulus menekankan tiga kata kerja yaitu menasihati, menguatkan dan meminta. Jika kita mengamati penggunaan ketiga kata ini, kita akan menemukan alasan kenapa Paulus memiliki memakai kata ayah sebagai analogi yang sempurna dalam ayat ini.

1. Seorang ayah perlu menasihati anak 

Menasehati dalam ayat ini artinya membentuk perilaku dan mendesak anak untuk hidup seperti nasihat tersebut. 

Paulus sendiri melakukan tindakan tersebut kepada para petobat baru. Dia menuntun mereka ke jalan dimana mereka berusaha untuk menjauhkan diri mereka dari dosa percabulan yang begitu mengikat di antara jemaat Tesalonika. Dia mendesak mereka untuk memikirkan urusan mereka sendiri dan bekerja dengan tangan mereka sendiri (1 Tesalonika 4).

Seorang ayah harus menasihati anaknya sesuai dengan kebenaran firman Tuhan supaya mereka bisa menjalani hidupnya untuk menyenangkan Tuhan.

 

Baca Juga: Inilah 10 Ayat Alkitab Tentang Anak yang Wajib Semua Orangtua Kristen Ketahui!

 

2. Seorang ayah harus menguatkan anak-anaknya.

Menguatkan dalam hal ini bisa diartikan dengan menghibur dan mendorong. Waktu para petobat baru menderita penganiayaan dan tergoda untuk menyerah pada iman mereka, penghiburan dari Paulus sangat menguatkan mereka (1 Tesalonika 3: 2-3).

Di masa ini, sulit bagi generasi muda untuk hidup radikal di dalam Tuhan. Ada begitu banyak pergumulan dan godaan yang mereka hadapi. Karena itulah, ayah hadir untuk memberi tahu mereka bahwa dia ada untuk mereka. Bahkan saat anak  harus melewati masa-masa tersulit mereka di dunia pendidikan maupun pekerjaan, seorang ayah akan selalu bisa menjadi pemandu sorak terbesar anak.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

3. Seorang ayah akan memastikan anak menghidupi teladannya.

Paulus menyampaikan dengan penuh semangat kepada para petobat baru tentang apa yang harus mereka hadapi. Dia menyemangati mereka dengan menunjukkan sukacitanya sendiri (1 Tesalonika 2: 12).

Seberapa bersemangat kamu, sebagai seorang ayah, untuk membagikan semangat dan kekuatan kepada anak-anakmu? Apakah kamu sudah jadi seorang ayah yang menunjukkan bahwa kamu menempatkan Tuhan sebagai yang terutama dalam hidupmu?

Tanyakan 3 pertanyaan ini kepada dirimu sendiri:

1. Sudahkah aku membagikan jalan yang harus anak-anakku tempuh dalam menjalani kehidupan ini sebagai bentuk sikap hormat kepada Tuhan?

2. Apakah anak-anakku melihatu sebagai pemandu sorak terbaiknya selama 24/7?

3. Apakah ada semangat yang aku tularkan kepada mereka?

Apakah kamu merasa belum bisa memenuhi satu atau dua hal di atas? Percayalah bahwa tidak ada seorang ayahpun yang sempurna. Karena itu, mintalah kepada Tuhan kebijaksanaan untuk menjadi seorang ayah yang terbaik menurut versimu. 

“Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4: 16)

Gak ada yang lebih berarti dari melihat anak-anak kita berkata, “Ayahku luar biasa! Dia benar-benar tahu bagaimana cara mengajarku, menguatkanku dan mendorongku.” Jika kamu bisa melakukan tiga hal di atas kepada anak-anakmu sejak mereka kecil, hidup mereka pasti akan lebih menyenangkan hati Tuhan.

Mau jadi papa mama hebat buat anak-anakmu? Yuk ikutan event JADI PAPA MAMA HEBAT UNTUK ANAKKU dari program Superbook Indonesia. Acara ini akan diadakan pada 10 Juli 2021. Buat kamu yang mau ikut, yuk silahkan klik.

DAFTAR

Sumber : CBN
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami