4 Firman Tuhan yang Menyebutkan Tanggung jawab Orang Tua Kristen Terhadap Anak

4 Firman Tuhan yang Menyebutkan Tanggung jawab Orang Tua Kristen Terhadap Anak

Claudia Jessica Official Writer
283

Kebudayaan yang terus berkembang seiring zaman membuat pertumbuhan anak berbeda dengan zaman sebelumnya. Misalnya seperti, anak zaman sekarang hidup di zaman digital harus mendapatkan bimbingan dalam menggunakan ponsel pintarnya maupun saat menjelajah di dunia maya.

Orangtua tidak hanya bertanggung jawab terhadap kebutuhan jasmani anak, namun mereka juga bertanggungjawab dalam mendidik dan memuridkan anak-anaknya. Berikut ini beberapa Firman Tuhan yang menyebutkan tentang tanggungjawab orang tua kepada anaknya:

1. Mengasihi anak

Matius 7: 9-10 “Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti?”

Tidak hanya mencukupi kebutuhan jasmani mereka, orang tua juga harus terhubung secara emosional. Terdapat tiga kebutuhan utama anak, yaitu terhubung secara fisik dan emosional, diterima dan mendapatkan perhatian dan kepedulian dari orangtua.

2. Memuridkan anak

Amsal 1: 7 “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.”

Amsal menyebutkan bahwa permulaan dari segala sesuatu adalah takut akan Tuhan. Hal ini adalah tanggung jawab orang tua untuk memuridkan anak mereka yang Tuhan karuniakan.

Di era global saat ini, anak-anak rentan menjadi lebih sekuler karena dipengaruhi oleh pandangan humanisme dan relativitas dunia. Oleh karena itu, orangtua memiliki peran yang besar dalam memuridkan anak di dalam Tuhan sebelum anak dimuridkan oleh dunia.

3. Tidak menyakiti anak

Kolose 3: 21 “Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.”

Tidak menyakiti secara fisik, tindakan maupun melalui perkataan adalah kewajiban bagi orangtua. Karena hal ini dapat membuat hati anak menjadi tawar dan tidak dapat merasakan kasih sebenarnya. Yang terburuk, hal ini dapat menyebabkan kepahitan dalam hati anak.

4. Mendoakan anak

Tidak ada perintah khusus bagi orangtua untuk mendoakan anak mereka dalam Alkitab. Namun, sejumlah tokoh Alkitab tercatat bahwa mereka berdoa bagi anak-anak mereka.

Sudahkah Anda menjadi orang tua yang dikehendaki oleh Tuhan?

Menyadari kebutuhan anak generasi sekarang yang berbeda dengan generasi orang tua membuat CBN – Superbook yang akan dihadiri oleh  Pdt. Dr. Julianto Simanjuntak MDiv, MSi seorang pakar terapis keluarga dan penulis yang saat ini aktif melayani serta memiliki Lembaga Konseling Keluarga Kreatif (LK3).

Setelah berhasil dengan webinar #BeraniBergerak Jadi Papa Mama Hebat untuk Anakku yang pertama, CBN – Superbook Indonesia akan mengadakan webinar #BeraniBergerak Jadi Papa Mama Hebat untuk Anakku yang kedua pada 10 Juli 2021 mendatang.

Dalam webinar ini kita akan banyak belajar mengenai hubungan anak dan orang tua, dimana peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membangun harga diri seorang anak. Selain itu kita juga akan membahas bagaimana seorang anak bisa mengenali, menerima dan mengemukakan diri terlepas dari pandangan orang lain terhadap dirinya.

Webinar ini juga akan mengupas tuntas tentang kepercayaan diri yang sangat mempengaruhi kesehatan mental, studi, karir dan pernikahan.

Jadilah papa mama yang hebat untuk anak-anakmu! Daftarkan dirimu sekarang dengan klik tombol di bawah ini:

DAFTAR

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami