Lelah Beraktivitas Itu Wajar. Tapi Kalo Keterusan, Bisa Jadi Kamu Alami Syndrome Ini Lho..

Lelah Beraktivitas Itu Wajar. Tapi Kalo Keterusan, Bisa Jadi Kamu Alami Syndrome Ini Lho..

Claudia Jessica Official Writer
715

Berbeda dari stress biasa, job burnout adalah kondisi dimana seseorang mengalami stress berat yang dipicu oleh pekerjaan atau karena adanya tekanan dalam kurun waktu tertentu. Penyebabnya beragam, misalnya seperti mengalami bullying di kantor, pekerjaan tidak jelas atau monoton, kehidupan dan pekerjaan tidak seimbang, dan lain-lain.

Jika dibiarkan berlarut-larut, burnout dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Misalnya secara fisik, Anda jadi merasa tidak mood atau besemangat dalam melakukan pekerjaan, lebih mudah sakit, mengalami gangguan tidur (insomnia, atau mengantuk terus-terusan), lelah berkepanjangan, performa kerja menurun, dan lain-lain. Sedangkan secara mental, Anda jadi lebih mudah emosi, merasa malas atau takut untuk bertemu orang, kehilangan motivasi, merasa kesepian, merasa gagal, dan lain-lain.

BACA JUGA: Model Remaja Ini Tewas Karena Kelelahan Kerja, Yuk Belajar Supaya Kamu Ngga Mengalaminya

Meski berbeda dengan rasa lelah setelah bekerja biasanya, sayangnya burnout seringkali tidak disadari. Namun, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk membantu meringankan atau mengatasi masalah burnout.

1. Berikan apresiasi untuk diri sendiri

Kurangnya apresiasi atasan atas pekerjaan yang kamu lakukan dapat menimbulkan tekanan terhadap diri sendiri. Misalnya Anda merasa insecure tentang pekerjaan yang Anda lakukan, atau bahkan merasa tidak dihargai. Perasaan ini dapat menimbulkan stress yang memicu burnout. Berilah apresiasi untuk dirimu sendiri dan rasakan kebahagiaannya. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan ya.

BACA JUGA: Tidak Perlu Takut Menghadapi Sindrom Burnout

2. Curhat dengan teman dekat

Beberapa orang dapat melepaskan rasa stresnya ketika bercerita dengan teman dekatnya. Jika hal ini efektif untuk Anda, kenapa tidak dicoba?

Namun jika Anda tidak memiliki teman dekat atau seseorang yang nyaman diajak untuk berbicara, tim Sahabat 24 siap mendengarkanmu. Kami juga siap untuk mendukungmu dalam doa, lho.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : hellosehat/twitter wantja
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami