Orang Kristen Boleh Nonton Film Horor Nggak Sih?

Orang Kristen Boleh Nonton Film Horor Nggak Sih?

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: read/index.php

Line Number: 56

1717387258563145 Official Writer
8666

Beberapa waktu lalu saya membuat poling di Instagram story pribadi saya dengan sebuah pertanyaan: “Nonton film horor di larang nggak di dalam kekristenan?”

Dari pertanyaan itu, sebanyak 67% menyatakan tidak ada larangan menonton film horror, sementara 33% lainnya mengatakan dilarang.

Pertanyaan ini dilihat oleh 130 orang.

Melihat respon para followers saya, akhirnya saya menjadi sangat penasaran dan ingin mencari tahu lebih lagi. Mulai dari membaca artikel hingga ngobrol dengan Ps. Nathan Chang (seorang gembala di sebuah gereja lokal).

Seperti yang kita ketahui, bahwa kita sekarang ini bukan lagi hidup di dalam sebuah Perjanjian Lama, namun kita hidup di dalam Perjanjian Baru.

Bukan soal, apakah kita masih bisa mengikuti aturan di Perjanjian Lama atau nggak, tetapi pertanyaannya apakah itu berguna atau nggak? Misalnya soal sunat dan lain-lain.

Hal ini juga jelas dibahas dan dituliskan di 1 Korintus 10: 23 "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Nah, ayat ini penting sekali dan menjadi landasan mengapa kita harus fokus dan membangun hubungan dengan Yesus. Karena hanya dialah yang layak diikuti dan menjadi contoh bagi kita.

Jadi, apakah orang Kristen boleh menonton horor atau nggak?

Jawaban yang diucapkan oleh Ps. Nathan hampir searah dengan pandangan Ps. Philip Mantofa di akun facebooknya. Jawabannya adalah kembali kepada dirimu sendiri. 

Segala sesuatu bergantung kepada diri kita sendiri. Jika kamu ingin menonton film horror, jangan sampai tergoda dengan kuasa gelap.

Untuk itu, kita perlu melakukan self check sebelum menonton film horror. Di bawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang dapat membantu kamu sebelum memutuskan untuk menonton film horror atau tidak.

 

Baca juga: Bahayanya Anak Nonton Film Horor Ini, Jadi Tamparan Keras Bagi Semua Orangtua


1.   Apakah ada manfaat dengan menonton film horror untuk dirimu sendiri?

Jika jawaban ini mengacu kepada saya, maka saya akan menjawab "Tidak sama sekali."

Beberapa waktu yang lalu, saya bertanya kepada beberapa orang soal ini. Ada yang menjawab, untuk hiburan, referensi lighting dan lain-lain untuk pembuatan filmnya, bahkan ada yang mengatakan bahwa menonton film horor karena ditraktir teman.

Sebenarnya, untuk mencari referensi dan hiburan, tidak harus selalu dengan menonton film horor. Tetapi jika kamu memang ingin menonton film horor dan merasa bahwa ada gunanya dan itu memuliakan nama Tuhan, just do it!

 

2.  Apakah dengan menonton film horor kamu jadi pemberani atau justru penakut?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting yang harus kita jawab dengan bijak, harus benar-benar kita sadari.

Hampir beberapa kali, saya bertemu dengan teman-teman yang berubah menjadi penakut setelah menonton film horor.

Jika ini terjadi padamu, itu artinya hubunganmu dengan Tuhan terganggu. Masalahnya Firman Allah di 1 Yohanes 4:4 mengatakan, "Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”

Nah, kalau dengan menonton horor kamu menjadi penakut bahkan merasa terintimidasi, sebaiknya berhentilah dan jangan tergoda dengan itu lagi.

Saya membaca sebuah quotes yang dituliskan oleh seorang penulis novel dan pembuat film horor, katanya "Always make the audience suffer as much as possible."

Jadi dalam pembuatan film horor, tujuannya utamanya adalah membuat para penonton ketakutan. Jadi kalau kamu nggak mau ketakutan dan kalau kamu nggak mau terintimidasi dengan setan, jangan menonton film horror.

Alkitab memang tidak menuliskan melarang nonton film horror secara detail. Tetapi Paulus mengingatkan kita bahwa segala sesuatu di muka bumi ini diperbolehkan untuk dilakukan, tetapi kita diajak untuk bijaksana, apakah itu berguna dan membuat kita bertumbuh dalam kebenaran atau nggak.

So, marilah kita bijak dalam segala hal dan tetap peka kepada Roh Kudus, karena Dialah yang memberi tahu apa yang benar dan tidak untuk kita lakukan.

 

Baca juga: The Conjuring, Film Horor Yang Mengekspose Keimanan

 

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami