Biji Sesawi: Dari Bumbu Masak Sampai Pencegah Kanker!

Biji Sesawi: Dari Bumbu Masak Sampai Pencegah Kanker!

Angelia Agatha Official Writer
14395

Kalau kamu sudah lihat biji sesawi yang diperumpamakan di dalam Alkitab lewat video JC Channel, kamu pasti penasaran sebenarnya selain bentuknya yang merupakan biji terkecil pertama yang ditanam petani pada awal masehi, apa fakta-fakta menarik dibalik biji sesawi ini?

Ukuran Biji Sesawi

Biji sesawi jenis Brassica Nigra hanya berdiameter kurang dari 1 mm saja! Dan luar biasanya pohonnya dapat tumbuh setinggi 3,7 meter. Bisa dibayangkan ya keunikannya dari biji sekecil itu, pohonnya bisa tumbuh besar.

 

Jenis Biji Sesawi

Brasicca Juncea (coklat) atau Sesawi India, adalah jenis sesawi yang dibudidayakan di India dan beberapa wilayah Asia lainnya. Jenis sesawi ini lebih tahan kekeringan daripada jenis sesawi lainnya. Sesawi ini dipergunakan sebagai bahan baku rempah-rempah mustar karena mengandung sinigrin dan sinapinnya. 

Sinapsis hirta atau Sesawi Putih ini berasal dari daerah Laut Tengah bagian timur dan sudah sejak masa Romawi dikembangkan oleh manusia. Daunnya digunakan sebagai pakan ternak dan ditanah petani Eropa sebagai pupuk untuk menjaga kondisi tanah. Biji sesawi ini memiliki rasa pedas dan menyengat berwarna kuning pucat sekitar 1 mm. 

Brassica nigra atau Sesawi Hitam dimanfaatkan sebagai bahan rempah-rempah yang berasal dari Laut Tengah timur laut dan sekarang menyebar hingga India.  Dalam Alkitab biji sesawi inilah yang dimaksud dalam perumpamaan biji sesawi yang disampaikan oleh Yesus. Dan diameternya terkecil dibanding biji sesawi lainnya yaitu kurang dari 1 mm.

 

Manfaat Biji Sesawi

Mengandung begitu banyak vitamin. Luar biasanya meskipun biji sesawi kecil banget, di dalamnya terdapat banyak vitamin yang berguna bagi tubuh kita. Vitamin A, B dan K ada terdapat dalam biji ini. Manfaatnya untuk kamu yang diet, biji ini dapat menurunkan berat badan, memperlambat penuaan dini, mencegah kanker di kandung kemih, usus besar, dan serviks, lalu dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung karena memiliki asam lemak omega 3 dan nutrisi lain untuk kesehatan jantung.

Bisa juga untuk kamu yang memiliki sakit pernapasan karena bisa meningkatkan kesehatan dan meringankan penyakit asma karena miliki sifat anti-inflamasi. Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan rambut, biji ini memiliki zat besi, kalsium, magnesium yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Biji sesawi juga bisa mencegah sembelit dan meringankan sakit dan nyeri tubuh. Banyak manfaatnya ya?

 

Baca juga: Saat Iman Sebiji Sesawi Dipelihara Dalam Dirimu, Saat Itulah Kerajaan Allah Nyata Atasmu

 

Apa Tujuan Yesus Memilih Biji Sesawi Sebagai Perumpamaan?

"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar daripada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya." - Matius 13:31-32

Tuhan Yesus mengerti bahwa meskipun dirinya hanya bisa bekerja di dunia ini sebesar biji sesawi saja, tapi dampak pengajarannya akan tersebar seluruh dunia dan tumbuh besar dan berakar kuat seperti pohon sesawi. Hal itu juga ingin di tanamkan kepada kita yang bekerja di ladang Tuhan. Meskipun kita kecil dan tidak dilihat Tuhan, dampak pelayanan kita akan sebesar pohon sesawi yang berangkat dari satu biji kecil.

Tonton Fakta Alkitab tentang biji sesawi:

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami