7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Parent Sebelum Antar Anak ke Sekolah

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Parent Sebelum Antar Anak ke Sekolah

Lori Official Writer
2989

Setelah setahun lebih masa pandemi yang memaksa anak belajar offline di rumah, pemerintah akhirnya berencana untuk kembali memulai sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang. 

Bertepatan dengan tahun ajaran sekolah yang baru, momen ini tentu saja akan cukup menegangkan bagi sebagian anak yang baru memulai tingkat pendidikan TK maupun SD. Jadi supaya hari pertama sekolah anak berjalan dengan baik dan lancar, parent dipastikan mengurus segala kebutuhan yang dibutuhkan anak, mulai dari seragam, buku, dan juga bekal makan anak.

Selain mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan tersebut, beberapa hal ini juga ternyata perlu dipersiapkan loh!

1. Yakinkan anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan

Bagi anak yang baru saja memasuki dunia sekolah, pasti akan timbul perasaan takut saat berada di tempat baru dan orang-orang baru. Saat anak mulai cemas dan gugup, yakinkan mereka bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. Ingatkan anak agar mau berbaur dengan teman-temannya dan para guru. Katakan bahwa ada guru yang selalu hadir untuk membantunya.

2. Sediakan segala persiapan belajar yang diminta guru mereka

Pastikan sebelum berangkat sekolah, segala persiapan belajar anak sudah lengkap. Hal ini akan sangat membantu anak mengikuti pelajaran sesuai dengan instruksi guru mereka. Parent juga akan sangat membantu para guru untuk menuntaskan proses belajar mengajar dengan baik.

3. Ajarkan anak untuk meminta sesuatu yang mereka butuhkan

Orangtua yang memiliki anak di tingkat SMP disarankan untuk mendorong anak-anak mereka untuk bersikap terbuka dengan orang lain. Ingatkan anak untuk tidak enggan meminta bantuan dari teman atau gurunya. Contohnya saat anak tidak mengerti, minta mereka untuk berani bertanya kepada guru.

 

Baca Juga: Bingung Cari Sekolah Anak, Simak Tips Berikut Ini!

 

4. Ingatkan anak untuk membaca

Dari pada hanya sekadar bermain dengan teman-temannya, mintalah anak untuk meluangkan waktu istirahat untuk membaca. Karena menurut para guru, kebiasaan membaca sangat penting diterapkan kepada anak sejak dini.

5. Ajarkan anak untuk mau belajar dari kesalahan

Setiap orang pernah salah. Namun hal yang penting dari melakukan kesalahan adalah mau belajar dari kesalahan itu sendiri. Penting bagi orangtua untuk mengingatkan anak agar mereka tidak perlu takut melakukan kesalahan. Misalnya salah dalam menjawab pertanyaan guru. Saat itu terjadi, dorong anak untuk percaya diri dan terus belajar.

6. Dukung anak untuk memberikan yang terbaik

Anak membutuhkan dukungan orangtua dalam proses pendidikan mereka. Saat mereka berhasil jadi juara kelas, hal itu tentu saja dilakukan demi membahagiakan orangtuanya. Jadi, sebelum melambaikan tangan saat mengantarkan anak ke sekolah, ada baiknya menyemangatinya untuk memberikan yang terbaik di kelas.

 

Baca Juga: Kenapa Anak Harus Masuk PAUD? Penting Gak Sih?

 

7. Ingatkan anak bahwa guru dan siswa adalah sebuah tim

Selalu ingatkan anak bahwa guru dan siswa adalah sebuah tim yang bertujuan untuk memberikan yang terbaik. Satu tim berarti mau saling bekerja sama.

Apakah parent sudah menerapkan hal ini kepada anak setiap hari? Tujuh poin di atas mungkin penting untuk diterapkan.

 


Ada banyak anak-anak di luar sana yang membutuhkan Tuhan dalam hidupnya. Apakah kamu tergerak untuk ikut mendukung pelayanan Sekolah Minggu Superbook CBN? Dengan berdonasi sebesar Rp150.000 kamu sudah menjadi #HeroofChange bagi generasi ini.

 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Shekhows.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami